Unpad Siap Terjunkan Mahasiswa untuk Jadi Relawan Covid-19

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 24 Maret 2020 09:09 WIB
    Unpad Siap Terjunkan Mahasiswa untuk Jadi Relawan Covid-19
    Rektor Unpad, Rina Indiastuti. Foto: Unpad/Humas
    Jakarta: Universitas Padjadjaran (Unpad) mengaku siap menerjunkan mahasiswanya untuk menjadi relawan pencegahan virus Korona. Unpad sendiri saat ini sudah memiliki Satuan tugas (Satgas) Covid-19.

    Rektor Unpad, Rina Indiastuti menyebut, satgas Covid-19 ini telah menghimpun sejumlah relawan. Mulai dari mahasiswa hingga dosen.

    “Jadi ini sejalan dengan program Pak Menteri (Mendikbud, Nadiem Makarim). Unpad  sudah menghimpun relawan inter profesi, baik mahasiswa maupun dosen dan alumni, untuk bergerak mencegah wabah virus Korona. Satgas covid-19 Unpad yang menghimpun relawan” jelas Rina kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

    Adapun kriteria relawan yang dibutuhkan yakni dokter, perawat, apoteker, dan psikolog. Nantinya para relawan ini akan bertugas selama 60 hari.

    Untuk mahasiswa yang ingin menjadi relawan, baik di Satgas Covid-19 ataupun relawan kemanusiaan Kemendikbud, yang menjadi kunci menurutnya adalah keikhlasan dan bersungguh-sungguh.

    “Relawan itu kesediaannya diserahkan ke mahasiswa,”ujarnya.

    Baca juga:  Mahasiswa 'Relawan Covid-19' Tidak Tangani Pasien Langsung

    Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam menyebutkan, tugas relawan mahasiswa difokuskan untuk melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE).  Nizam mencontohkan, mahasiswa bakal mengambil peran sebagai call center di rumah sakit.

    "Misal di call center, tracking, screening, dan sebagainya. Tidak untuk menangani pasien langsung," jelas Nizam.

    Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengundang mahasiswa tingkat akhir yang kuliah di bidang kesehatan untuk menjadi relawan pencegahan Virus Korona. Para relawan ini nanti akan fokus untuk melakukan edukasi, pencegahan dan pengendalian pandemik Korona.

    Baca juga:  Nadiem Undang Mahasiswa Jadi Relawan Pencegah Korona

    Nadiem mengatakan, dalam situasi darurat seperti ini generasi muda Indonesia bisa ikut andil untuk negara, dengan menjadi pahlawan medis. Meski begitu ia menegaskan, ini merupakan gerakan sukarela.

    "Ini adalah gerakan sukarela. Negara membutuhkan pahlawan-pahlawan medis yang berjuang bersama demi masyarakat,” kata Nadiem dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id