Tur Relief Kapal di Borobudur, untuk Berdagang Hingga Penggambar Takdir

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 13 Juni 2020 11:11 WIB
    Tur Relief Kapal di Borobudur, untuk Berdagang Hingga Penggambar Takdir
    Salah satu relief kapal di Candi Borobudur. Foto: Istimewa
    Jakarta: Balai Konservasi Candi Borobudur menggelar "Virtual Tour Borobudur". Dalam tur virtual ini mereka mengajak untuk melihat serta mempelajari relief-relief kapal yang ada di candi Budha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini.

    Koordinator Pokja Balai Konservasi Borobudur, Hary Setiawan mengatakan, nantinya peserta tur virtual borobudur akan disuguhkan gambar-gambar kapal nusantara yang menggarisbawahi budaya kemaritiman di era Mataram Kuno periode Jawa Tengah.

    "Mataram Kuno periode Jawa Tengah adalah agraris, namun dari sumber prasasti, di antaranya prasasti Canggal 732 masehi, pulau Jawa saat itu memiliki komoditas, beras, dan logam mulia," kata Hary dalam Konverensi Video "Virtual Tour Kapal-Kapal Borobudur Menyusuri Jejak Budaya Maritim Nusantara Dari Relief Candi", Jumat, 12 Juni 2020.

    Baca juga:  Begini Cara Sekolah Swasta Bertahan Saat Pandemi

    Tur virtual yang bisa dinikmati melalui kanal YouTube Konservasi Candi Borobudur ini akan dijelaskan tentang bentuk-bentuk kapal. Kemudian spesifikasi kapal yang digunakan.

    "Bagaimana secara spesifik desainnya, apa yang terjadi berkaitan dengan migrasi pelayaran terjadi, dan budaya masyarakat sekitar," terangnya.

    Pemandu dari Balai Konservasi Borobudur Panggah Ardiansyah yang memandu tur virtual ini menyampaikan akan ada empat panel yang dapat dikunjungi. Tercatat di Candi Borobudur sendiri ada 10 panel dengan 11 relief kapal.

    "Ada di 10 panel relief, tipe kapal laut tidak bercadik, kapal laut bercadik, perahu sungai atau feri sungai," ujarnya.

    Ia menuturkan, bahwa dalam relief-relief yang ada menggambarkan fungsi kapal. Yakni untuk berdagang, diplomasi, juga penggambaran takdir.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id