comscore

Unsoed Kukuhkan 2 Guru Besar Baru

Arga sumantri - 19 November 2021 15:38 WIB
Unsoed Kukuhkan 2 Guru Besar Baru
Pengukuhan dua guru besar baru Unsoed. Foto: Humas Unsoed.
Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) kembali mengukuhkan dua guru besar baru. Kedua profesor yang dikukuhkan yaitu H. Purnama Sukardi sebagai Profesor Bidang Ilmu Fisiologi Nutrisi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Hery Winarsi, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pangan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Rektor Unsoed Suwarto menyampaikan Purnama Sukardi menjadi guru besar pertama di Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan. Sedangkan, Hery Winarsi menjadi guru besar kedua di Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan.
"Sehingga keseluruhan guru besar atau profesor di Universitas Jenderal Soedirman  sampai saat ini berjumlah 80 orang," ungkap Suwarto mengutip siaran pers Unsoed, Jumat, 19 November 2021.

Ia menekankan, perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan budaya sivitas akademika serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang peka terhadap kehidupan sosial budaya yang ada. Kewajiban tersebut selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk kontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

Ia menambahkan, bentuk kontribusinya bisa melalui produktivitas almamater, baik dari aspek penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berdayasaing sekaligus mutu riset yang inovatif dan solutif bagi kehidupan. 

Suwarto menekankan, bahwa Iptek akan memiliki kaya makna luar biasa, ketika mampu menjawab permasalahan yang ada. Kemudian, memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

"Sekaligus menghadirkan harapan di masa depan yang menekankan pada upaya-upaya peningkatan kualitas kehidupan umat manusia," ujarnya.

Baca: Udinus Kukuhkan Guru Besar Baru Bidang Linguistik

Orasi Ilmiah 2 Guru Besar Baru Unsoed

Dalam pidato ilmiahnya, Purnama Sukardi menyampaikan judul 'Ibadah Mengejar Ridho Allah SWT Untuk Kehidupan yang Lebih Baik dan Bahagia melalui Penelitian Perikanan dan Ilmu Kelautan'. Ia menyampaikan, faktor nutrisi memegang perananan penting dalam berbagai peristiwa fisiologis yang terjadi dalam tubuh organisme baik organisme yang hidup di air, maupun darat. 

Fisiologi nutrisi berkaitan dengan studi tentang nutrisi dan perannya dalam pertumbuhan, reproduksi, kesehatan, dan penyakit suatu organisme. Studi tersebut meliputi konsumsi makanan, penyerapan, dan metabolism dalam mempengaruhi organisme. Selama lebih dari 30 tahun saya telah mempelajari fisiologi secara umum, fisiologi nutrisi pada khususnya.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id