2022, P2G Minta Jokowi Buka Rekrutmen Guru PNS

    Ilham Pratama Putra - 15 Oktober 2021 17:20 WIB
    2022, P2G Minta Jokowi Buka Rekrutmen Guru PNS
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi



    Jakarta: Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) meminta Presiden Joko Widodo membuka rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru di 2022. Kebijakan itu dinilai bisa jadi solusi masalah kebutuhan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum terpenuhi.

    "Kami meminta kepada Pak Presiden, untuk tetap membuka rekrutmen guru PNS. Tidak hanya PPPK," kata Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim, kepada Medcom.id, Jumat, 15 Oktober 2021.

     



    Menurutnya, perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK) Guru hanya solusi jangka pendek. Kebutuhan sebanyak 1,3 juta guru ASN dinilai tak akan terpenuhi jika hanya mengandalkan rekrutmen PPPK Guru.

    "Lihat seleksi PPPK sekarang, sekarang baru berapa yang terkafer? Yang lolos tahap I kan 173 ribu. Memang ada tahap kedua dan ketiga masih ada, tapi kami melihatnya jumlah yang lolos masih akan sedikit. Tentu formasi 500 ribu tak akan terisi, apalagi yang satu juta," lanjut dia.

    Baca: Indonesia Butuh Grand Desain Pendidikan Jarak Jauh

    Menurut dia, seharusnya perekrutan PPPK diperuntukkan bagi guru honorer yang usianya 35 tahun ke atas. Atau, dikhususkan bagi guru honorer yang sudah lama mengabdi. 

    "Sedangkan yang fresh graduate itu bisa untuk PNS yang usianya 35 ke bawah. Jika pemerintah membuka dua jalur ini baik PNS maupun PPPK, saya rasa kebutuhan guru ASN mengajar di sekolah negeri ini akan dapat ter-cover segera," tutupnya.

    Pemerintah diketahui belum memiliki rencana terkait perekrutan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun depan. Sementara, perekrutan guru di tahun 2022 hanya sebatas Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id