Sederhana tapi Penting, UNJ Kenalkan Bahasa Asing di Taman Bacaan

    Media Indonesia.com - 18 September 2021 03:59 WIB
    Sederhana tapi Penting, UNJ Kenalkan Bahasa Asing di Taman Bacaan
    UNJ kenalkan bahasa asing di Taman Bacaan (TBM) Bukit Duri Bercerita. Foto: UNJ



    Jakarta: Pengenalan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan Prancis, sejak dini kepada anak-anak usia sekolah sangat penting. Karena itu sejumlah dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prancis, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melakukan pengabdikan masyarakat di Taman Bacaan (TBM) Bukit Duri Bercerita, di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

    Bahasa Inggris diajarkan terhadap siswa SD, sedangkan bahasa Prancis diajarkan kepada siswa SMP. "Pengenalan bahasa Inggris dan Prancis ini penting bagi anak-anak karena mereka akan ingat dan semoga terus mau mempelajari bahasa ini," ujar Koordinator Program Studi Bahasa Prancis, Subur Ismail, Jumat, 17 September 2021.

     



    Dosen Program Bahasa Prancis UNJ Yusi Asnidar mengatakan kegiatan yang berlangsung sejak siang hingga petang ini merupakan wujud pengabdian dosen kepada masyarakat luas. “Ini bentuk pembinaan, pendidikan, dan transfer ilmu kepada masyarakat,” katanya.

    Dosen Program Bahasa Inggris UNJ Ati Sumiati terkesan dengan antusiasme anak-anak yang mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Para siswa aktif dan berani menjawab pertanyaan serta mau bekerja sama dengan teman mereka. 

    Pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih, berterima kasih kepada para dosen UNJ. Menurutnya, pengenalan bahasa asing, khsususnya Inggris dan Prancis, sangat penting.

    "Anak-anak membutuhkan motivasi untuk mengembangkan diri. Salah satunya dari pengenalan bahasa asing ini. Buktinya ketika ditanya siapa yang ingin ke luar negeri, semua anak angkat tangan sambil menyebut negara yang mereka inginkan,” kata Kak Ning Nong, sapaan Safrudiningsih.

    Safruningsih mengatakan TBM yang didirikannya terbuka untuk bekerja sama dengan banyak pihak, baik perguruan tinggi maupun TBM lain. Dengan bekerja sama, maka program literasi di daerah seperti di kawasan Bukit Duri pasti akan lebih maju lagi.

    "Kami juga sudah meningkatkan status TBM ini menjadi berbadan hukum yayasan sehingga memudahkan gerak kegiatan, terutama bila menjalin kerja sama dengan pihak lain. Tujuan kami semua pihak yang peduli pada literasi dan upaya mencerdaskan anak bangsa, bisa berkolaborasi,” katanya.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id