Server Bermasalah, PPDB Daring di Kalbar Ditunda

    Antara - 15 Juni 2021 20:27 WIB
    <i>Server</i> Bermasalah, PPDB Daring di Kalbar Ditunda
    Ilustrasi PPDB. Foto: Antara/Andilala.



    Pontianak: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) memutuskan menunda proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara daring. Kepala Bidang SMA, Dinas Pendidikan Kalbar, Fatmawati menyebut penundaan akibat server bermasalah.

    "Seharusnya pendaftaran peserta didik baru (PPDB) yang dilakukan secara daring memang dibuka pada hari ini. Namun, setelah tiga kali uji coba, itu belum bisa dilakukan, karena server-nya down akibat banyak diakses oleh calon peserta didik untuk mendaftar," kata Fatmawati di Pontianak, Selasa, 15 Juni 2021.

     



    Dia menjelaskan, pada server penerimaan siswa baru tersebut terpantau sekitar 12 ribu lebih masyarakat yang melakukan pendaftaran. Makanya, server yang disediakan mengalami kegagalan sistem dan harus diperbaiki.

    "Makanya, saat ini kita sedang memperbaiki server dan pendaftaran kita undur sampai besok. Mudah-mudahan hari ini sudah bisa diperbaiki," tuturnya.

    Baca: Kuota Zonasi PPDB SMA di Kepri Capai 65%

    Imbasnya, proses pendaftaran PPDB daring ini akan diperpanjang hingga 23 Juni. Pihaknya juga akan menyampaikan penundaan tersebut kepada Ombudsman dan mengumumkannya melalui media dan web penerimaan PPDB yang ada.

    "Awalnya kita hanya menggunakan tiga server, namun karena masih tidak mencukupi, kita nantinya akan menggunakan empat server," ujarnya.

    Sementara itu, Rita salah satu orang tua siswa menyatakan dirinya tidak bisa mengakses web pendaftaran untuk PPDB daring tingkat SMA.

    "Kami juga bingung, terlebih waktu pendaftaran sangat sempit, tanggal 15 sampai tanggal 22 Juni. Saya berharap ini bisa segera teratasi, agar saya bisa segera mendaftarkan anak saya," katanya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id