Pendaftaran Mahasiswa Baru Magister Undip Dibuka, Simak Penjelasannya

    Arga sumantri - 15 Mei 2021 18:02 WIB
    Pendaftaran Mahasiswa Baru Magister Undip Dibuka, Simak Penjelasannya
    Undip buka pendafaran mahasiswa baru program magister. Dok Undip/Humas.



    Semarang: Universitas Diponegoro (Undip) membuka pendaftaran mahasiswa baru program studi (Prodi) Magister untuk Tahun Akademik (TA) 2021/2022 melalui seleksi jalur Ujian Mandiri Pascasarjana dan Program Profesi Undip. Ada 39 Prodi Magister yang bisa dipilih sebagai tempat studi lanjut. 

    Melalui keterangan tertulis, Undip menerangkan, jadwal pendaftaran mulai 7 April sampai pada 1 Juli 2021. Seleksi ujian mandiri dilaksanakan bersama dengan tes masuk program pascasarjana dan program profesi pada 18 Juli 2021, sementara hasil tes masuk akan diumumkan pada 24 Juli 2021. 

     



    Materi yang akan diujikan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) selaku pelaksana ujian mandiri berupa Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris. Tes Substansi Keilmuan akan dilakukan melalui wawancara dan tertulis oleh masing-masing Prodi.

    Dari 39 Prodi Magister di Undip, sembilan di antaranya merupakan program studi multientry atau menerima calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Kesembilan program studi tersebut ialah Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Ekonomi (ME), Magister Psikologi MPsi), Magister Komunikasi (Mikom), Magister Ilmu Lingkungan (MIL), Magister Ilmu Politik (MIP), Magister Manajemen (MM), Magister Promosi Kesehatan (MPK), dan Magister Administrasi Bisnis (Mabis).

    Baca: Mahasiswa FISIP Unej Diperbolehkan Kuliah di 7 Universitas

    Meski terbuka, namun ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi. Di Prodi MIL, misalnya, persyaratan khusus bagi yang berasal dari bidang keilmuan yang berbeda mensyaratkan calon mahasiswa sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang lingkungan. 

    Magister ekonomi yang mempertimbangkan latar belakang pekerjaan calon mahasiswa yang berasal dari bidang keilmuan bukan ekonomi. Sedangkan Magister Promosi Kesehatan menerapkan program matrikulasi bagi mahasiswa yang berasal dari disiplin ilmu lain.

    Mengenai persyaratan umum untuk bisa masuk Prodi Magister di Undip adalah lulusan sarjana dan diploma IV. Lalu, memiliki IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi (kecuali Magister Kenotariatan dan Linguistik yang mensyaratkan IPK 3,0); Ijazah dan transkrip, Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/atasan langsung yang memiliki kualifikasi minimal S2). 
     

    Halaman Selanjutnya
    Bagi yang sudah bekerja harus…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id