APSI Protes PP SNP Hilangkan Fungsi Pengawas Sekolah

    Ilham Pratama Putra - 10 Mei 2021 13:33 WIB
    APSI Protes PP SNP Hilangkan Fungsi Pengawas Sekolah
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi



    Jakarta: Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) meniadakan keberadaan pengawas sekolah. Pasal 30 PP tersebut menyatakan bahwa pengawasan kegiatan pendidikan tidak dilakukan lagi oleh pengawas sekolah.

    Ketua Umum Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Agus Sukoco melayangkan protes. Sebab, dalam PP tersebut peran pengawas sekolah bisa diatur melalui peraturan Menteri.

     



    "Di standar tengaga kependidikan PP 57/2021, itu pasal 23 memang disebutkan standar tenaga kependidikan dan ada kata-kata pengawasan dan di sambung pasal 24 itu akan diatur dengan peraturan menteri,” kata Agus dalam webinar Vox Point Indonesia, Minggu, 9 Mei 2021.

    Menurutnya, janggal jika nantinya pelaksanaan pendidikan yang transparan dan akuntabel serta peningkatan kualitas proses dan hasil belajar secara berkelanjutan diatur oleh kepala satuan pendidikan. Terlebih, ada pula pengawasan dari pemimpin perguruan tinggi, komite sekolah atau madrasah, pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang tertera pada PP tersebut.

    Baca: Tak Ada Perubahan Fundamental dalam PP Standar Nasional Pendidikan

    Padahal dalam regulasi sebelumnya, yakni PP Nomor 19 tahun 2005 sebagai acuan dari PP tersebut sudah jelas dikatakan bahwa pengawasan pada pendidikan formal dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan. Namun, di PP 57 tahun 2021, hal itu akan diturunkan dalam Peraturan Menteri (Permen).

    “Dari PP 19 2005 sudah jelas, tapi PP 57 2021 ini akan diatur dalam Permen, ini lah substansi bahwa ini akan diturunkan dalam permen,” sebut dia.

    Pengawas sekolah adalah satu dari sekian banyak badan yang dihapus melalui PP 57 tahun 2021. Dalam PP 57 dihapuskan juga Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

    Selain BSNP, badan dan lembaga lain yang memiliki nomenklatur juga hilang, seperti Badan Akreditasi Nasional Sekolah Menengah dan Madrasah (BAN S/M), Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN PAUD), Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal (BAN PNF), dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). 

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id