Indonesia Bakal Kirim Mahasiswa Hingga Guru Besar ke Belanda

    Ilham Pratama Putra - 19 April 2021 18:07 WIB
    Indonesia Bakal Kirim Mahasiswa Hingga Guru Besar ke Belanda
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Lewat penyelenggara beasiswa Nuffic Neso, Indonesia bakal mengirimkan mahasiswa hingga guru besar ke Belanda. Kerja sama ini dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Nuffic Neso.

    "Kerja sama ini supaya melibatkan institusi perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga tidak hanya pengiriman mahasiswa Indonesia ke Belanda, tapi juga melibatkan dosen dan guru besar," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam dalam penandatanganan MoU secara daring, Senin, 19 April 2021.






    Nizam meyakini kerja sama tersebut bakal memperkuat hubungan sumber daya manusia di antara dua negara. Sebab, sumber daya manusia yang dikirim tak lagi sebatas mahasiswa.

    "Kalau hanya kirim mahasiswa itu masih banyak terbatas. Kalau kita lakukan bersama maka akan  ada interaksi antara dosen di Indonesia dan Belanda, dengan kerja sama itu begitu akan lebih dalam dan kokoh," sebut dia.

    Baca juga:  Kemendikbud dan LPDP Gandeng Nuffic Neso Perkuat Riset Teknologi Air

    lebih lanjut Nizam menyebut kerja sama ini mengandung semangat Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Dia berharap program kerja sama pendidikan ini bisa ditingkatkan lebih jauh lagi.

    "Kerja sama pendidikan ini bisa kita tingkatkan lebih jauh lagi, lebih luas, lebih beragam sehingga lebih banyak interaksi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Kita juga berharap nantinya banyak mahasiswa Belanda yang hadir ke Indonesia, belajar dan menikmati keragaman hayati, geologi, budaya, laut nusantara," tutup Nizam.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id