FKM Unhas: Jangan Lupa Ada 'Vaksin Sosial'

    Ilham Pratama Putra - 27 Januari 2021 18:32 WIB
    FKM Unhas: Jangan Lupa Ada 'Vaksin Sosial'
    Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Aminuddin Syam dalam MGN Summit Indonesia 2021


    Jakarta:  Proses vaksinasi covid-19 telah dimulai sejak dua pekan lalu dan akan disuntikkan kepada penerima vaksin sebanyak dua dosis.  Namun Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Aminuddin Syam mengingatkan, ada satu jenis 'vaksin' lagi yang juga harus dilakukan oleh masyarakat dalam upaya menekan penularan covid-19.

    "Vaksin yang disuntikkan saat ini hanya opsi biologis. Jangan lupa, kita juga ada 'vaksin sosial'," ujar Aminuddin dalam dalam Media Grup News Summit Indonesia 2021, Rabu, 27 Desember 2021.




    Vaksin sosial yang dia maksudkan itu ialah penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, meski ada vaksin biologis, kegiatan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak (3M) yang disebutnya sebagai vaksin sosial itu harus tetap dijalankan.

    "Kita harus terus memberdayakan vaksin sosial, apa yang kita sebut 3M. Ini sangat substantif bagi setiap individu untuk masyarakat," sambung dia.

    Baca juga:  Pakar UGM: Masyarakat Rugi Kalau Tidak Divaksin

    Ketika "vaksin sosial" dijalankan dengan baik, maka barulah vaksin biologis berbagai merek itu dapat bekerja dengan optimal. Kesadaran vksin sosial kata dia akan berujung pada munculnya kesadaran kesehatan di masyarakat.

    "Pertama akan muncul kesadaran jika kesehatan penting dan penyakit berbahaya. Kedua dia akan memunculkan kepatuhan, termasuk kepatuhan agar saling menjaga populasi untuk kesehatan," tutupnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id