Lulusan D4 Diharapkan Turut Berprestasi di Iptek hingga Seni

    Ilham Pratama Putra - 16 Februari 2021 14:36 WIB
    Lulusan D4 Diharapkan Turut Berprestasi di Iptek hingga Seni
    Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta.
    Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong Diploma 3 (D3) upgrade menjadi Sarjana Terapan (D4). Lulusan D4 diharapkan memiliki prestasi di bidang-bidang tertentu, misalnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

    "Saya ingin 50 persen mahasiswa D4 itu mahasiswa berprestasi untuk bidang Iptek, olahraga dan seni," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam webinar Peningkatan Program Diploma Tiga Menjadi Sarjana Terapan, Selasa,16 Februari 2021.

    Wikan meyakini bahwa program upgrading akan menghadirkan proses edukasi yang luar biasa di politeknik dan kampus vokasi Indonesia. Pasalnya, dunia industri dan dunia usaha (dudi) akan ikut andil dalam pengembangannya.

    "Pasti industri aware, mereka nanti interest dan mau buat lebih baik lagi, jangan cuma asal bikin ijazah S1 terapan," tambahnya.

    Baca: Upgrading D3 ke D4 Tidak Asal Disetujui, Cek Syaratnya

    Wikan juga mengingatkan kepada pada para mahasiswa untuk tidak hanya menargetkan nilai IPK yang tinggi. Sebab, yang dibutuhkan industri bukan nilai, melainkan kompetensi soft skill.

    "Jangan cuma ngejar IPK, kita ingin menciptakan pemimpin masa depan, itu lahir dari mahasiswa yang kritis dan kreatif," tambahnya.

    Selain itu, Wikan turut mengajak masyarakat untuk menghapus stigma mengenai pendidikan vokasi. Masyarakat beranggapan bahwa vokasi hanya menghasilkan pekerja.

    "Kita itu jangan terkotakkan di masa lalu, vokasi bikin tukang, salah, vokasi itu bikin pemimpin dan kreator. Vokasi juga menghasilkan tukang, tapi high level yang punya soft skill. Hard skill jelas, tapi bisa nyusul. Kurikulum semester 1 D4 itu harus penguatan soft skill, jangan taruh di belakang," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id