SNMPTN/SBMPTN 2020

    SMAN 8 Jakarta: Matematika Prioritas Teratas Penentu Peringkat

    Intan Yunelia - 14 Januari 2020 19:01 WIB
    SMAN 8 Jakarta: Matematika Prioritas Teratas Penentu Peringkat
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  SMA Negeri 8 Jakarta telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi temuan nilai serupa saat pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian PDSS akan dibuka mulai besok, Rabu, 15 Januari-8 Februari 2020.

    Untuk mengklasifikasi peringkat siswa, SMAN 8 menggunakan mekanisme nilai pengetahuan sebagai prioritas. Ada enam mata pelajaran di masing-masing peminatan.

    Untuk MIPA adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia dan Biologi. Sedangkan untuk IPS terdiri dari Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi. 

    "Nilai prioritas berdasarkan urutan mata pelajaran di atas.  Nilai matematika dan Bahasa Inggris menjadi dua prioritas utama yang ditilik dari semester 1 sampai semester 5. Jika ada yang sama nanti akan kami lihat, pertama kami dahulukan nilai Matematika. Mana yang lebih tinggi dari (nilai rapor) yang sama itu," kata Wakil Kurikulum SMA Negeri 8 Jakarta, Heri saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 14 Januari 2020.

    Jika tetap sama nilai matematikanya, pertimbangan kedua adalah nilai mata pelajaran Bahasa Inggris. Heri mengungkapkan, peluang temuan seperti ini memang cukup kecil, tapi tetap perlu diantisipasi demi asas objektivitas seleksi penilaian siswa.

    "Kalau rata-rata nilai Matematika juga sama dari semester satu hingga semester lima, baru berikutnya nilai Bahasa Inggris," ujar Heri.

    Ia mengakui, hingga saat ini data-data untuk PDSS sudah siap dan matang. Semua berkas nilai sudah diakumulasi dari semester satu hingga lima secara manual. Sehingga besok saat penginputan nilai diharapkan tidak menemui kendala berarti.

    "Belum pernah ada kendala. Mudah-mudahan enggak ada kendala," ungkapnya.

    Untuk diketahui, masa pengisian PDSS sebagai salah satu tahapan mendaftar SNMPTN akan dimulai besok, Rabu, 15 Januari-8 Februari 2020. Sejumlah sekolah tengah mempersiapkan diri untuk mengisi PDSS.

    Sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan aturan baru dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN. Utamanya regulasi di jalur SNMPTN, yakni kewenangan menentukan siswa yang eligible (memenuhi syarat) mendaftar di "jalur undangan" tersebut diserahkan pada pihak sekolah.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id