Sekolah Dipakai Posko Banjir Tidak Perlu Izin

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 02 Januari 2020 18:46 WIB
    Sekolah Dipakai Posko Banjir Tidak Perlu Izin
    Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy usai meninjau pintu air Manggarai. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Penggunaan bangunan sekolah negeri untuk posko pengungsian korban banjir yang terjadi di Jabodetabek diperbolehkan. Bahkan penggunaan bangunan sekolah negeri yang masuk dalam kategori fasilitas umum tersebut tidak perlu mengajukan izin khusus. 

    "Kalau sekolah sekarang dipakai untuk posko (pengungsian banjir) ya seharusnya begitu, karena itu fasilitas umum yang paling mungkin digunakan masyarakat, tidak perlu izin karena itu di bawah pemerintah," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy usai meninjau pintu air Manggarai, Jakarta, Kamis, 2 Januari 2020.

    Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, sekolah-sekolah yang digunakan biasanya memiliki fasilitas yang cukup baik bagi pengungsi. "Biasanya kelas-kelasnya juga memadai digunakan untuk penampungan sementara," ujarnya.

    Sementara terkait Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang akan dimulai Senin, 6 Januari 2020 pekan depan, Muhadjir meyakini Pemerintah DKI Jakarta sudah siap dan memiliki rencana agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan normal.

    Untuk diketahui, saat ini sekolah sedang memasuki masa libur semester.  "Saya kira pemerintah DKI sudah akan mengatur. Termasuk libur sekolah, mata pelajaran akan diganti pada hari-hari normal," ujarnya.

    Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan agar semua fasilitas umum termasuk sekolah yang tidak terdampak banjir digunakan sebagai posko pengungsian.  Perintah itu ia keluarkan pada Rabu pagi, 1 Januari 2020 kemarin, setelah beberapa wilayah di Jakarta mulai banjir.

    "Siapkan evakuasi warga terdampak dan pastikan tempat pengungsian segera siap dan seluruh kantor pemerintahan dan sekolah harus siap untuk menjadi tempat pengungsian dan siapkan dapur umum dan pos kesehatan.  Pastikan semua tenaga kesehatan siap," kata Anies, di Jakarta, Rabu, 1 Januari 2020.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id