comscore

Pembangunan Tempat Ibadah di Kampus Dinilai Akan Ciptakan Harmonisasi Antaragama

Renatha Swasty - 09 Maret 2022 09:01 WIB
Pembangunan Tempat Ibadah di Kampus Dinilai Akan Ciptakan Harmonisasi Antaragama
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho. DOK UNS
Jakarta: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jamal Wiwoho menyebut pembangunan tempat ibadah di perguruan tinggi merepresentasikan keberagaman bangsa Indonesia serta memupuk budaya kewargaan. UNS membangun enam tempat ibadah di kampus.

“Sejatinya kampus adalah miniatur Indonesia yang didalamnya dihuni pribadi dari beragam latar belakang sosial budaya, agama, suku bangsa, dan adat-istiadat. Maka, kampus diharapkan dapat merepresentasikan keberagaman tersebut. Hal ini sebagaimana untuk memperkokoh komitmen kebangsaan bersama dari sudut pandang agama,” kata Jamal dikutip dari laman uns.ac.id, Rabu, 9 Maret 2022.
Jamal menuturkan enam tempat ibadah di UNS diletakkan pada satu kawasan yang sama dengan jarak berdekatan. Dia menyebut hal itu bakal menciptakan harmonisasi dalam keberagaman beragama.

"Inilah yang menumbuhkan sikap saling menghormati kepercayaan masing-masing untuk bersikap toleran dan gotong royong demi menjaga kerukunan umat beragama terutama di wilayah UNS,” kata Jamal.

Dia menyebut pembangunan tempat ibadah sudah menjadi ide awal ketika UNS akan didirikan. Jamal mengapresiasi ide cemerlang pendiri UNS karena mencita-citakan perguruan tinggi negeri itu menyinergikan antara pendidikan dan agama.

Hal itu menjadikan UNS dianugerahi sebagai kampus pertama yang menjadi pelopor pembangunan tempat ibadah dalam satu kawasan di area kampus. Jamal juga berpesan kemajemukan yang dimiliki Indonesia merupakan keunikan bangsa yang harus dipelihara bersama.

Baca: Sosiolog Unair Nilai Penertiban Aturan Penggunaan Pengeras Suara Masjid Tepat
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id