comscore

Mengenal Resonansi Bunyi: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Medcom - 22 Maret 2022 18:36 WIB
Mengenal Resonansi Bunyi: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal
Ilustrasi belajar. Medcom.
Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom melihat kaca bergetar saat halilintar menyambar? Rupanya, peristiwa ini terjadi akibat resonansi bunyi.

Melansir laman Ruangguru, resonansi bunyi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena getaran yang dihasilkan sumber bunyi. Peristiwa ini hanya dapat terjadi jika suatu benda memiliki frekuensi alami yang sama dengan frekuensi alami sumber bunyi yang bergetar.
Contoh lain dari resonansi bunyi adalah percobaan dua garputala yang disandingkan. Ketika salah satu garputala dipukul, akan dihasilkan bunyi dan getaran yang membuat garputala di sebelahnya ikut bergetar.

Tak cuma benda, udara atau gas di sekitar sumber bunyi juga dapat beresonansi. Asalkan, memiliki frekuensi alami yang sama dengan frekuensi alami sumber bunyi.

Rumus cepat rambat bunyi

Dalam resonansi bunyi, ternyata cepat rambat gelombang bunyinya bisa dihitung. Ini terbukti dari eksperimen resonansi bunyi yang menggunakan tabung, air, dan garputala dengan frekuensi alami tertentu.

Mula-mula, tabung diisi dengan air sampai penuh. Lalu, garputala digetarkan di dekat mulut tabung. Percobaan tersebut dilakukan berulang kali dengan ketinggian kolom udara yang berbeda.

Kolom udara ini diukur berdasarkan jarak antara mulut tabung dengan titik permukaan air pada tabung. Ketika garputala dipukul, tabung yang berisi air menghasilkan dengung lebih keras pada ketinggian kolom udara tertentu. Pada saat inilah terjadi resonansi.

Dengan kata lain, dapat disimpulkan resonansi bunyi memperkuat bunyi asli. Sehingga, bunyi yang dihasilkan dapat terdengar lebih keras dan nyaring.

Berdasarkan eksperimen tersebut, diperoleh rumus cepat rambat bunyi sebagai berikut:

Mengenal Resonansi Bunyi: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Contoh soal

Seorang siswa melakukan percobaan resonansi untuk menentukan kecepatan merambatnya bunyi. Siswa tersebut menggunakan garputala yang frekuensi alaminya 500 Hz. Resonansi kedua terjadi saat kolom udaranya adalah 54 cm. Berapakah kecepatan merambat gelombang bunyi menurut percobaan tersebut?

Pembahasan:

Mengenal Resonansi Bunyi: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Demikianlah pembahasan mengenai resonansi bunyi, mulai dari pengertian, rumus, dan contoh soal. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya! (Nurisma Rahmatika)

Baca: Perubahan Fisika: Pengertian, Contoh, dan Ciri-ciri
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id