Tiga Operator Seluler Gratiskan Kuota Data Belajar Daring

    Ilham Pratama Putra - 26 Maret 2020 19:15 WIB
    Tiga Operator Seluler Gratiskan Kuota Data Belajar Daring
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperluas kerja sama dengan operator seluler. Hal ini untuk mempermudah pembelajaran daring di tengah pandemik virus korona atau coronavirus disease (covid-19).

    "Subsidi kuota data yang diberikan operator telekomunikasi sangat membantu pelajar maupun pendidik untuk belajar, sehingga mereka tetap produktif di rumah," kata Mendikbud, Nadiem Makarim di Jakarta, Kamis 26 Maret 2020.

    Dia mengapresiasi provider yang telah memberikan dukungan kepada pelajar. Terlebih provider yang memberikan layanan internet gratis untuk pembelajaran daring.

    Nadiem mengakui besarnya tantangan pembelajaran daring dalam kondisi darurat covid-19. Dalam situasi yang tidak mudah ini, tidak semua pembelajaran daring yang dilakukan sekolah mencapai hasil optimal.

    "Memang tidak semua daerah punya akses smartphone ataupun koneksi internet yang baik. Jadi ini merupakan suatu hal yang menantang. Tetapi kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama ke depan memastikan sekolah bisa menyelenggarakan pembelajaran daring," ungkap Nadiem.

    Terpisah, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan, pihaknya sangat memahami peningkatan kebutuhan masyarakat. Dia menyokong ide pembelajaran ini guna mendukung social distancing.

    "Kami memberikan kuota gratis 30 GB yang dapat digunakan untuk mengakses platform belajar online sehingga mereka tetap semangat belajar meskipun dari rumah," ungkapnya.

    Kuota internet gratis, kata Ahmad bisa dimanfaatkan hingga 60 platform e-learning dan situs-situs resmi dari Universitas-universitas di Indonesia. Agar mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan selama masa tanggap darurat covid-19.

    Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, pihaknya juga mengambil peran sebagai connectivity enabler. Pada sektor pendidikan, Telkomsel menggandeng beberapa aplikasi e-learning untuk menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia hingga 30 GB tanpa biaya.

    "Karena kami memahami proses belajar harus tetap terjaga di masa sulit seperti ini sekalipun," tutur Setyanto.

    Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini menambahkan, para pelanggan XL Axiata yang merupakan mahasiswa, pelajar, ataupun dosen dan guru juga bisa memanfaatkan kuota gratis 2 GB per hari untuk mengakses sejumlah aplikasi belajar. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 31 Maret 2020.

    "Kami juga akan terus memantau perkembangan yang ada untuk bisa mengetahui apa lagi yang kira-kira bisa kami support selanjutnya,” ungkap Dian.

    Selain Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud juga mencatat dukungan operator Tri Indonesia dan Telkom dalam penyediaan subsidi data. Subsidi ini dimaksudkan agar para pelajar dan pendidik dapat terus produktif di masa darurat covid-19. 




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id