Adaptasi Teknologi, Kemendikbud Manfaatkan TikTok dalam Pendidikan Karakter Anak

    Gervin Nathaniel Purba - 09 Desember 2020 08:37 WIB
    Adaptasi Teknologi, Kemendikbud Manfaatkan TikTok dalam Pendidikan Karakter Anak
    Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud Hendarman (Foto:Dok.Medcom.id)



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengandalkan media sosial dalam memberikan materi pendidikan karakter kepada anak, di antaranya YouTube dan TikTok.
     
    "Kami mengikuti tren gaya sekarang. Mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) kan jago teknologi, masak kami yang di bawahnya tertinggal jauh," ujar Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud Hendarman, pada program Newsmaker Medcom.id, Sabtu, 5 Desember 2020.

    Selain dari YouTube dan TikTok, materi pendidikan karakter tersedia di situs cerdasberkarakter.kemendikbud.go.id. Situs ini menjadi acuan bagi para guru yang ingin mengajarkan pendidikan karakter kepada para siswa.

     



    Pada situs itu, kata Hendarman, pesan utamanya membicarakan soal karakter yang diangkat dari nilai-nilai Pancasila. Sebagai dasar negara, Pancasila harus menjadi rujukan dalam pendidikan karakter.

    "Itu yang menjadi konteks utama kami. Lalu dari situ, diturunkan nilai-nilai Pancasila terhadap kebijakan baru yang disebut Profil Pelajar Pancasila. Ada enam dimensi turunannya," ujar Hendarman.

    Keenam dimensi yang dimaksud, yakni bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berekbhinnekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri. 

    “Profil Pelajar Pancasila akan menjadi acuan Kemendikbud untuk berbagai program. Entah itu kurikulum penilaian, penguatan karakter. Semua bermuara pada Profil Pelajar Pancasila," ujarnya.

    Supaya enam dimensi itu bisa tersampaikan kepada masyarakat, Kemendikbud juga membuat iklan layanan masyarakat. Iklan tersebut berupa video pendek berdurasi dua menit.

    "Kami jelaskan apa yang dimaksud dari masing-masing enam dimensi itu," kata Hendarman.

    Tidak hanya itu, Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud juga menyelenggarakan webinar agar nilai-nilai dari keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila dapat tersampaikan lebih luas lagi. Pada penyelenggaraan webinar, Kemendikbud menggandeng para praktisi dan influencer, serta tokoh publik yang relevan dengan anak muda.

    Adaptasi Teknologi, Kemendikbud Manfaatkan TikTok dalam Pendidikan Karakter Anak

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id