Guru dan Siswa di Kubu Raya Tes Covid-19 Gunakan GeNose

    Antara - 24 Februari 2021 21:57 WIB
    Guru dan Siswa di Kubu Raya Tes Covid-19 Gunakan GeNose
    GeNose C19. Foto: Dok UGM.



    Pontianak: Dinas Kesehatan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya melakukan tes covid-19 menggunakan GeNose C19. Proses deteksi covid-19 lewat embusan napas ini dilakukan SMPN 1 Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya.

    "Untuk pemeriksaan covid-19 bagi guru dan siswa di SMPN 1 Sungai Raya ini, tetap dilakukan dengan GeNose C19," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya Syarif Muhammad Firdaus Alqadri di Sungai Raya, Rabu, 24 Februari 2021.






    Menurutnya, selama pembelajaran tatap muka (PTM), pihaknya telah mengawal kegiatan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Salah satunya, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kubu Raya Nomor 421/0359/DIKBUD tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar yang ditindaklanjuti sesuai petunjuk teknik (juknis) yang mengatur tentang tata cara PTM di masa pandemi.

    Firdaus menambahkan, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Kubu Raya dan Dinas Kesehatan untuk terus memantau perkembangan baik perubahan-perubahan zona di setiap desa maupun dalam proses PTM ini.

    Baca: Guru Mulai Disuntik Vaksin, Pemerintah Diminta Tetap Hati-hati Buka PTM

    "Kita bersyukur, kemarin Dinas Kesehatan Kubu Raya sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk seluruh Puskesmas untuk turut memantau pelaksanaan PTM ini dan kita berharap pelaksanaan PTM ini bisa berjalan sesuai harapan kita serta kesehatan anak-anak juga tetap terjaga dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," jelasnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan menyampaikan, pengambilan screening GeNose C19 ini sudah dilakukan sejak 17 Februari 2021, saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Sungai Ambawang yang dilanjutkan di Musrenbang kecamatan Sungai Raya dan Musrenbang kecamatan Batu Ampar.

    Pengambilan sample pengecekan di sekolah, sudah dimulai di SDN 14 Sungai Raya sejak kemarin. Hari ini, merupakan pengambilan sampel kedua. Dari hasil sampel yang telah dilakukan di SDN 14 Sungai Raya, kata dia, belum ditemukan kasus positif covid-19.

    "Artinya siswa maupun guru yang kita prioritaskan diambil sampelnya semuanya negatif covid-19," tutur Marijan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id