Nadiem Minta PGRI Kawal Rekrutmen Satu Juta Guru PPPK

    Citra Larasati - 28 November 2020 19:19 WIB
    Nadiem Minta PGRI Kawal Rekrutmen Satu Juta Guru PPPK
    Mendikbud Nadiem Makarim dalam peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional 2020. Foto: Tangkapan layar
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ikut mengawal rencana rekrutmen satu juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2021. Terutama dalam mendorong pemerintah daerah untuk segera mengusulkan kebutuhan gurunya kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

    Menurut Nadiem, rekrutmen PPPK dari guru honorer ini merupakan bukti kesungguhan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan guru honorer.

    "Ini adalah bentuk komitmen Pemerintah untuk memperjuangkan hak-hak guru dan menyelesaikan permasalahan guru honorer secara bertahap," kata Nadiem, dalam Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-75 PGRI yang digelar secara daring, Sabtu, 28 November 2020.

    Baca: Rekrutmen PPPK Upaya Pemerintah Percepat Penambahan Guru

    Untuk tahun ini, Kemendikbud mendorong pemerintah daerah untuk segera mengusulkan formasi kebutuhan gurunya kepada Kemenpan-RB. "Saya berharap PGRI di berbagai daerah juga dapat membantu, mengawal dan mendorong pemerintah daerahnya untuk segera mengajukan kebutuhan gurunya," pinta Nadiem. 

    Hal tersebut penting dilakukan, agar para guru honorer bisa segera mengikuti tes seleksi yang rencananya akan digelar tahun depan.  Kemudian segera juga mendapatkan kejelasan status.  

    "Dan bagi yang lolos seleksi bisa segera meningkatkan kesejahteraannya," jelasnya.

    Sebelumnya, pemerintah berencana merekrut guru honorer untuk menjadi guru PPPK di 2021. Pemerintah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan satu juta kuota guru PPPK bagi guru honorer yang lolos seleksi.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id