Pemenang BIC 2021 Didorong Ikut Festival Lomba Seni Siswa Nasional

    Citra Larasati - 06 Oktober 2021 23:05 WIB
    Pemenang BIC 2021 Didorong Ikut Festival Lomba Seni Siswa Nasional
    Pelaksanaan BIC 2021. Foto: IPEKA



    Jakarta:  Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan sukses menggelar “Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021” secara daring mulai 18 September 2021 hingga 2 Oktober 2021.  Para peserta yang menang BIC 2021 telah memiliki modal yang kuat mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat kota.

    BIC 2021 adalah ajang perlombaan digital yang mempertandingkan cabang-cabang seni untuk murid SD hingga SMA atau berusia 9 hingga 18 tahun.  Agenda ini terakhir diadakan pada 2013 dan bersifat lokal atau on site

     



    Namun kali ini BIC hadir kembali dengan format daring yang pesertanya menjangkau seluruh jaringan sekolah IPEKA serta sekolah lainnya se-Indonesia.  BIC 2021 menjadi kegiatan kompetisi seni yang diselenggarakan pertama secara nasional oleh Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan.  Pandemi covid-19 berdampak terhadap banyaknya kegiatan yang harus terhenti sementara.

    “BIC adalah sebuah wadah yang dibuat untuk memfasilitasi para murid mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya terbatas di bidang akademis, namun BIC mendorong para murid mengembangkan potensi dalam hal seni”, ujar Koordinator Lokasi Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan, Alfian Samudra dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Oktober 2021.

    Menurut Alfian, BIC 2021 mengangkat tema 'Rise Up' yang memiliki arti bangkit. Masa pandemi tidak boleh mengubur potensi yang dimiliki murid, harus terus berkreativitas, berkarya, dan mengembangkan potensinya apapun situasinya, baik di bidang akademis maupun seni. 

    Baca juga:  Jawa Tengah Kembali Raih Juara Umum di FLS2N 2021

    Selain perlombaan, BIC 2021 juga menjadi ajang diperkenalkannya SMAK IPEKA Balikpapan yang mulai beroperasi pada tahun 2021. Harapannya melalui kegiatan ini, Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan dapat dikenal masyarakat sebagai tempat bagi para murid memperoleh pendidikan yang baik serta mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

    Total terdapat enam cabang perlombaan di BIC 2021, diantaranya Storytelling, Solo Vocal, Poster Design, Podcast, Photography, dan Band dengan 218 murid dari 44 sekolah di 15 kota dan 12 provinsi di Indonesia yang menjadi peserta pada perlombaan virtual ini.

    Virtual Opening Ceremony BIC 2021 dilaksanakan pada 18 September 2021 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin.  Muhaimin melihat kegiatan ini sangat menarik dan lomba-lomba yangg dihadirkan walaupun secara virtual, ini selaras dengan kegiatan kami yaitu Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

    "Ini akan menjadi bekal untuk mengikuti FLS2N di tingkat kota serta nantinya di tingkat provinsi," ujar Muhaimin.

    Kegiatan BIC 2021 berlangsung secara online mulai dari tahap pendaftaran, pelaksanaan hingga penjurian pada 18 hingga 28 September 2021. BIC 2021 memperebutkan total 25 juta rupiah bagi para pemenang yang akan diumumkan bersamaan dengan closing ceremony pada 2 Oktober 2021.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id