Tahun Ajaran Baru, UGM Masih Kuliah Daring Hingga UTS

    Citra Larasati - 03 Juni 2020 18:19 WIB
    Tahun Ajaran Baru, UGM Masih Kuliah Daring Hingga UTS
    Kampus UGM, UGM/Humas.
    Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menerapkan perkuliahan daring di semester ganjil yang akan dimulai September 2020 mendatang.  Kuliah daring ini rencananya akan dilakukan hingga pertengahan semester, dan akan mulai beralih ke pembelajaran tatap muka sembari melihat kondisi jika sudah memungkinkan.

    “Rencananya semester depan setengah semester pembelajaran daring hingga UTS (Ujian Tengah Semester) dan setelah itu harapannya sudah bisa masuk kelas. Tapi kalau kondisi tidak memungkinkan berarti satu semester akan secara penuh dilakukan daring,” ucap Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM, Hatma Suryatmojo, Rabu, 3 Juni 2020.

    Hatma menuturkan, sebelum merebaknya pandemi Covid-19 UGM telah memiliki fasilitas sistem pembelajaran daring di antaranya berupa elok.ugm.ac.id dan elisa.ugm.ac.id serta simaster.ugm.ac.id. untuk administrasi akademik.

    Di samping itu, setiap fakultas dan sekolah di UGM juga telah memiliki satuan tugas yang bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan proses pembelajaran secara daring.

    “Ini merupakan program pelatihan yang dilakukan akhir tahun lalu. Jadi, kita sudah memiliki sistem pendukung di semua fakultas,” terangnya.

    Baca juga:  Kemendikbud Siap Temui Mahasiswa Soal Uang Kuliah

    UGM juga telah mulai menerapkan pembelajaran daring seiring dengan diberlakukannya pembatasan maksimal kegiatan di kampus sejak tanggal 23 Maret lalu.

    Dalam sebuah survei yang melibatkan ribuan mahasiswa dan dosen sebagai responden, sebanyak 80 persen mahasiswa mengutarakan bahwa dosen telah mampu menyampaikan materi secara daring dengan kualitas yang serupa dengan ketika kuliah dilaksanakan di dalam kelas.

    Sementara itu, sebanyak 60 persen dosen juga mengaku telah cukup familiar dengan sistem pembelajaran daring.  "Hasil ini lumayan bagus, berarti sivitas UGM sendiri cukup cepat menguasai,” imbuhnya.

    Meski demikian, untuk mempersiapkan para dosen memasuki semester yang baru, di bulan Juni dan Juli ini PIKA juga akan memberikan pelatihan tambahan bagi dosen untuk dapat meningkatkan keterampilan dan mengoptimalkan menu-menu pada aplikasi interaktif daring.

    “Harapannya ini memberi bekal untuk kuliah di semester mendatang,” kata Hatma.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id