Nadiem Bocorkan Garis Besar Kurikulum Darurat

    Ilham Pratama Putra - 30 Juli 2020 15:16 WIB
    Nadiem Bocorkan Garis Besar Kurikulum Darurat
    Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan kurikulum darurat sudah tahap finalisasi. Ia memastikan kebijakan tentang kurikulum darurat tersebut bakal diumumkan dalam waktu dekat.

    "Bukan sedang mengkaji, tapi sedang diselesaikan. Jadi sebenarnya dalam waktu dekat kami akan mmberikan suatu paket kebijakan berhubungan dengan kurikulum. Jadi mohon ditunggu. Sangat dekat kok waktunya," ujar Nadiem di SMP Muhammadiyah Bogor, Kamis, 30 Juli 2020.

    Meski tak menjelaskan waktu pengumuman secara rinci, dia sedikit membocorkan poin kurikulum darurat itu. Garis besarnya, kata dia, guru tak wajib menyelesaikan kompetensi dasar dalam mengajar.

    "Esensinya sama dengan yang didiskusikan sekarang ini. Memberikan guru kepercayaan diri untuk melakukan penyederhanaan atau perampingan terhadap konten atau materi kurikulum," ujarnya.

    Baca: Kurikulum Darurat Covid-19 Masih Difinalisasi

    Nadiem berharap adanya kurikulum darurat nanti guru bisa lebih fokus terhadap esensi pengajaran. Paling penting, kata Nadiem, siswa mengerti apa yang sedang dipelajari. "Yang penting pendalaman konsep yang fundamental," ungkap Nadiem.

    Esensi pengajaran dinilai perlu karena sulitnya metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi virus korona (covid-19). Penyederhanaan kurikulum, kata Nadiem, sekaligus menyelesaikan permasalahan PJJ.

    "Karena kami mengidetifikasi masalah-masalah besar dalam PJJ. Salah satunya itu kurikulum. Jadi guru pilih yang lebih esensial saja," ucap Nadiem.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id