Kemendikbud Salurkan 2.000 APD untuk Rumah Sakit Pendidikan

    Ilham Pratama Putra - 06 April 2020 17:18 WIB
    Kemendikbud Salurkan 2.000 APD untuk Rumah Sakit Pendidikan
    Ilustrasi. Foto: Dokumentasi Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD). Sekitar 2.000 APD telah disalurkan kepada Rumah Sakit Pendidikan (RSP) dan relawan mahasiswa kesehatan untuk penanganan virus korona (covid-19).

    "Bantuan yang diserahkan berupa 2.000 baju APD, 2.000 pelindung muka atau face shield dan 466 sepatu bot," kata Pelaksana tugas Dirjen Dikti, Kemendikbud, Nizam dalam konferensi video, Senin, 6 April 2020.

    Bantuan itu diterima secara simbolis oleh perwakilan relawan dan RSP Universitas Indonesia (UI). Nantinya, APD bakal dikirimkan pada 16 RSP lainnya, serta fakultas kedokteran yang mahasiswanya menjadi relawan.

    "Akan kita kirimkan ke UI dan Universitas Airlangga yang sangat membutuhkan scalup untuk melakukan tesnya," jelas Nizam.

    Baca: Hindari Zona Merah Korona Lewat Pantauan Daring

    Selanjutnya, bantuan akan diserahkan ke Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Udayana. Dia berharap kapasistas di RSP untuk melakukan tes virus korona bisa ditingkatkan.

    Kemendikbud menggandeng kementerian lain dalam menyalurkan APD, seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kemenko Maritim, Kementerian Kesehatan, hingga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    Nizam berpesan agar sumbangan ini dapat melecut semangat relawan mahasiswa dalam menangani covid-19. Dia berharap penanganan covid-19 bisa berjalan dengan cepat.

    "Kami apresiasi RSP dan relawan mahasiswa yang bergabung. Semoga ini mempercepat menghadapi pandemi ini agar kita bisa kembali beraktivitas pada kondisi normal," ujarnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id