comscore

Simak 3 Biaya Wajib Selama Kuliah

Renatha Swasty - 05 Juli 2022 11:36 WIB
Simak 3 Biaya Wajib Selama Kuliah
Ilustrasi kuliah. Medcom
Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom menghitung biaya yang harus dikeluarkan orang tua selama membayar kuliah? Atau pernakah Sobat Medcom menghitung sendiri sebelum masuk kuliah?

Mengetahui biaya-biaya yang dikeluarkan penting loh. Dan sudah semestinya mengetahui biaya yang dikeluarkan lantaran Sobat Medcom sendiri yang berkuliah.
Ada tiga biaya wajib yang dibayarkan saat masuk kuliah. Berikut tiga biaya dikutip dari Aku Pintar:

1. Uang pangkal

Nama resmi uang pangkal bisa berbeda-beda. Biaya masuk kuliah ini bisa disebut Uang Kuliah Awal, Iuran Pengembangan Institusi, Sumbangan Pengembangan Institusi, Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas, Dana Pengembangan, atau sekadar Uang Pangkal saja. Tak sedikit juga orang tua yang menyebut komponen ini uang gedung atau sumbangan pengembangan.

Uang pangkal merupakan salah satu komponen biaya kuliah swasta yang bersifat wajib. Uang pangkal sebenarnya bukan hanya komponen biaya kuliah swasta. 

Uang pangkal juga dibayarkan di kampus negeri bila masuk kuliah melalui Jalur Mandiri. Rincian biaya kuliah yang satu ini bisa didapatkan saat mendaftar masuk kuliah. 

Nominalnya cukup beragam antar universitas, bahkan berbeda antara satu jurusan dengan jurusan lain dalam satu universitas. Sebagai gambaran, uang pangkal di Jalur Mandiri kampus negeri sekitar Rp2,5 juta sampai Rp300 juta. 

Tenang, tak semua kampus negeri memberlakukan uang pangkal di Jalur Mandiri. Sobat Medcom bisa mendapatkan rincian biaya kuliah saat pendaftaran.

Uang pangkal dibayarkan sekali di awal, sama seperti biaya pendaftaran kuliah, sebelum masuk semester pertama. Namun, beberapa kampus, biasanya kampus swasta memperbolehkan mahasiswa membayar uang pangkal dengan cara diangsur sampai lulus kuliah.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id