27 Proposal Startup Mahasiswa Unpad Peroleh Hibah

    Arga sumantri - 21 Juli 2021 19:57 WIB
    27 Proposal Startup Mahasiswa Unpad Peroleh Hibah
    Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.



    Bandung: Sebanyak 27 proposal usaha mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil mendapatkan Hibah Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Unpad (HIPSMU) Tahun 2021. Setiap pemenang akan mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan usahanya.

    Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Diana Sari menjelaskan, kompetisi HIPSMU 2021 diikuti 120 proposal. Berdasarkan hasil seleksi tahap pertama, terjaring 49 kelompok yang berkesempatan melaju ke seleksi tahap kedua.

     



    Di tahap kedua, setiap perwakilan kelompok berkesempatan mempresentasikan ide bisnisnya di hadapan para juri. Diana mengatakan, tahun ini tim juri tidak hanya dari kalangan Unpad, tetapi juga berasal dari para praktisi usaha rintisan, baik yang berafilisasi dengan Unpad, atau yang memang binaan Unpad.

    "Dari 49 kelompok tersebut, 27 kelompok berhasil menjadi pemenang HIPSMU," kata Diana mengutip siaran pers Unpad, Rabu, 21 Juli 2021.

    Baca: LPDP, Kemendikbudristek, dan Kadin Hadirkan Beasiswa Magang Bersertifikat

    Diana menjelasan, besaran pendanaan untuk setiap kelompok bervariasi, bergantung pada nomina yang diajukan serta pertimbangan dari para juri praktisi. Untuk usaha yang termasuk kategori scale up, atau sudah berjalan minimal 6 bulan, dana hibah yang diberikan mencapai Rp25 juta. Sementara, untuk kategori usaha rintisan, dana hibah yang diberikan paling banyak sampai Rp15 juta.

    Melalui dana ini, setiap kelompok akan didorong untuk mengembangkan usahanya. Pada pelaksanaannya, setiap kelompok didampingi oleh dosen pembimbing. Tidak hanya itu, peserta juga akan mengikuti sejumlah pelatihan yang digelar oleh Pusat Inkubator Bisnis/Oorange Unpad.

    Harapannya, setiap usaha rintisan bisa mulai berjalan dengan luaran (output) yang juga harus ada hingga akhir November mendatang.

    Baca: Mahasiswa IPB Buat Aplikasi Pelaporan Kekerasan Seksual

    Diana mengungkapkan, tahun ini proposal yang diterima memiliki beragam ide bisnis yang menarik. Menurut dia, salah satu penyebabnya yakni proses seleksi yang jauh lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya.

    "Kalau tahun ini kita gelar HIPSMU sebagai teaser hingga banyak mahasiswa ikut. Tahun ini kita benar-benar memperhatikan kualitas," ungkapnya.

    Tidak hanya diberikan pendanaan, pemenang HIPSMU 2021 juga akan diikutsertakan pada kompetisi tingkat nasional. Bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, pemenang HIPSMU 2021 akan diikutsertakan pada Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

    "Tahun ini kita persiapkan untuk kompetisi di tahun depan. Kita harapkan dari 27 peserta ini setidaknya 10 startup bisa menang hibah," ujar Diana.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id