UGM Buka Prodi Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan

    Citra Larasati - 05 Juni 2021 16:07 WIB
    UGM Buka Prodi Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan
    Kampus UGM. Foto: UGM/Humas



    Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka program studi (prodi) Teknik Infrastruktur Lingkungan pada Tahun Ajaran 2021/2022.  Prodi ini memiliki daya tampung sebanyak 40 mahasiswa. 

    Prodi yang berada di dalam naungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan ini merupakan salah satu upaya UGM untuk menjawab tantangan kondisi lingkungan saat ini.

     



    “Berbeda dengan teknik lingkungan yang berorientasi pada sektor industri, Teknik Infrastruktur Lingkungan lebih berfokus pada sektor publik,” ujar Ketua KBK Lingkungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL), Budi Kamulyan, dilansir dari laman UGM, Sabtu, 5 Juni 2021.

    Program Studi Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL) ini, kata Budi, adalah bidang ilmu infrastruktur sipil yang memiliki tujuan khusus untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan serta untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Kurikulum prodi TIL memiliki beban minimal 144 sks yang ditempuh dalam waktu delapan semester.

    “Yaitu seperti pengantar teknik lingkungan, teknologi beton, mekanika tanah, sekaligus mata kuliah yang terkait langsung dengan infrastruktur lingkungan.  Seperti perancangan infrastruktur penyediaan air minum, infrastruktur pengelolaan limbah, infrastruktur penanganan sampah, infrastruktur drainase, dan pengelolaan pencemaran secara umum,” sebutnya.

    Program studi TIL didukung oleh 59 dosen tetap yang memiliki kualifikasi profesor dan doktor. Tujuh dosen di antaranya memiliki keahlian khusus di bidang infrastruktur pengendalian pencemaran dan perbaikan kualitas lingkungan dan 52 dosen lain dari berbagai bidang ilmu (sipil, kimia, geografi, mesin, elektro, geologi, geodesi, MIPA) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran di prodi TIL.

    “Melihat prodi Teknik Sipil yang sudah memiliki akreditasi internasional tentu saja target akreditasi Prodi TIL ke depannya adalah mendapatkan akreditasi tingkat internasional sehingga harapannya lulusan dapat berkiprah tidak hanya pada tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional,” jelas Ni Nyoman Nepi Marleni, Kepala Unit Jaminan Mutu DTSL.

    Baca juga:  Sekolah Vokasi UGM Bakal Buka Prodi Magister Terapan

    Jenjang karier prodi TIL ini juga masih cukup luas, mengingat banyaknya isu lingkungan hidup yang belum dapat ditangani dengan maksimal.

    Ni Nyoman menjelaskan, berdasarkan hasil studi tim internal dengan melihat jumlah prodi yang sejenis saat ini serta kebutuhan akan tenaga kerja di bidang infrastruktur lingkungan masih terdapat hampir 80 persen kekosongan tenaga ahli.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id