Untar Genjot Kualitas Lewat Pengembangan Dosen

    Citra Larasati - 30 November 2020 18:07 WIB
    Untar Genjot Kualitas Lewat Pengembangan Dosen
    Perayaan syukur usia satu tahun IKDKI yang digelar daring. Foto: Dok. Untar
    Jakarta:  Universitas Tarumanagara (Untar) terus menggenjot kualitas pendidikan melalui pengembangan dosen-dosennya.  Selain aktif dalam mengadakan berbagai pelatihan dosen di lingkungan internal kampus, Untar juga aktif mendukung program di lingkungan eksternal yang juga fokus untuk pengembangan dosen di Indonesia.

    Salah satunya melalui kegiatan di Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI). Baru memasuki usia satu tahun, IKDKI telah banyak menghasilkan karya dan kegiatan dengan meluncurkan jurnal bereputasi, pelatihan kenaikan jenjang kepangkatan, dan strategi perolehan hibah penelitian. 

    Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan yang juga menjabat sebagai Ketua Umum IKDKI menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pendiri dan pemrakarsa IKDKI, dan Hirarki dalam Gereja Katolik yang telah menginisiasi berdiri dan berkembangnya IKDKI. 

    “Ke depan, makin banyak dosen yang bergabung makin memperkokoh persaudaraan, pelayanan dan pengembangan berkelanjutan bagi semua dosen Katolik Indonesia. Semoga cita-cita awal pendiriannya terus dapat digaungkan dan dilaksanakan untuk mendukung tercapainya SDM Unggul untuk Indonesia Jaya," kata Agustinus, dalam keterangannya, Senin, 30 November 2020.

    Agustinus juga menyampaikan, bahwa IKDKI sebagai wadah pengembangan dosen dalam bidang Tridarma perguruan tinggi, dengan anggota dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk dosen di LLDIKTI III Jakarta. 

    Baca juga: Universitas Trisakti Gelar Lomba Virtual Semarakkan Dies Natalis

    Kepala LLDIKTI III, Agus Setyo Budi berharap asosiasi ini dapat memberikan pelayanan dalam pengembangan kompetensi dan keunggulan para dosen.  Sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia sesuai dengan visi misi LLDIKTI Wilayah III, pemantapan kualitas sumber daya manusia profesional dan peningkatan mutu perguruan tinggi untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

    Pada kesempatan ini Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Piero Pioppo Nunsius Apostolik menyampaikan, bahwa semangat dari masa penuh rahmat (minggu pertama Adven) sungguh bermanfaat untuk disimpan dalam hati, pikiran dan suara hati kita. "Sistem pendidikan di negara tercinta kita yang besar dan kaum muda Indonesia yang mengandalkan para dosen guna menerima pembinaan ilmiah yang kokoh dan juga edukasi yang otentik," ujar Piero.

    Untar menjadi tuan rumah perayaan syukur usia satu tahun dengan mengadakan perayaan syukur dibarengi pengukuhan dan pelantikan para pengurus pusat maupun wilayah, di Kampus I Untar, Minggu, 29 November 2020. 

    Resmi didirikan pada 23 November 2019 dalam seminar tahunan Komdik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), sejumlah formatur terpilih yang merupakan utusan sejumlah universitas. Tepat pada tanggal 30 November 2019, Tim Formatur mengadakan rapat dan menetapkan kepengurusan Dosen Katolik Indonesia. 

    Tanggal 20 Januari melaporkan eksistensi Ikatan Dosen Katolik Indonesia kepada Uskup KAJ, Ignatius Kardinal Suharyo.  Pada Perayaan Ulang Tahun pertama bertemakan “IKDKI Dengan Semangat Mumpuni dan Melayani Berperan Aktif dalam Pengembangan Dosen untuk Mendukung Indonesia Jaya” ini diawali dengan Misa Syukur Konselebrasi oleh Konselebran Utama Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM.

    Kemudian juga diisi dengan pengukuhan, pelantikan Pengurus Pusat dan Daerah IKDKI, serta peluncuran website dan Jurnal IKDKI serta pemberian penghargaan kepada para dosen. 


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id