Pembukaan Kampus, Indekos Mahasiswa Dikhawatirkan Jadi Klaster Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 03 Desember 2020 10:47 WIB
    Pembukaan Kampus, Indekos Mahasiswa Dikhawatirkan Jadi Klaster Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Perguruan Tinggi sudah dapat menggelar Pembelajaran Tatap Muka pada Januari 2021 mendatang. Penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi salah satu perhatian pihak kampus untuk dikawal ketat.

    Utamanya, protokol kesehatan di indekos, tempat tinggal mahasiswa. Dengan dibukanya kampus, sudah tentu mahasiswa dari berbagai daerah bakal menempati indekos mereka kembali.




    Menurut Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho, menertibkan kos-kosan memiliki tantangan tersendiri. Ada kesulitan menertibkan mahasiswa ketika kembali ke indekos mereka.

    "Kami di MRPTNI mempersiapkan sebaik mungkin bagaimana mengatur pergantian kuliah itu tidak terjadi kerumunan. Jadi bisa diatur sedemikan rupa. Kemudian juga mengatur kantin. Memang yang agak sulit bagi kami saat ada mahasiswa menempati kembali rumah kos mereka," ujar Jamal dalam webinar terkait surat edaran pembelajaran selama masa pandemi covid-19, Rabu 2 Desember 2020.

    Baca: Kampus Langgar Protokol Kesehatan Bakal Dilarang Kuliah Tatap Muka

    Kendala itu juga diakui oleh Forum Rektor Indonesia, Arif Satria. Menurutnya, kontrol untuk indekos jauh lebih sulit daripada kontrol prokes dalam lingkungan kampus.

    "Namun memang masalah yang harus kita antisipasi adalah kos-kosan. ini adalah tantangan bagi mahasiswa, tantangan bagi perguruan tinggi, untuk menerapkan disiplin dan memabngun kesadaran masyarakat di sekitar kampus terkait prokes," ungkap Arif.

    Menurut Arif, bukan tidak mungkin indekos menjadi klaster penyebaran covid-19. Akhirnya, akan berdampak pada kesehatan lingkungan kampus.

    "Saya dengar memang salah satu klaster adalah kosan-kosan. Sehingga saya sepakat dengan pak Dirjen Dikti (Nizam), mestinya mahasiswa dapat menjadi contoh, agen, untuk memberikan contoh bagi masyarakat dalam menjalankan prokes yang baik," ucap Arif.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id