KPAI: Pelajar Ikut Demo Rentan Terinfeksi Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 14 Oktober 2020 10:30 WIB
    KPAI: Pelajar Ikut Demo Rentan Terinfeksi Covid-19
    Ilustrasi. Foto: Antara/Resno Esnir
    Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turun memantau aksi demonstrasi menolak omnibus law di sekitaran Monumen Nasional (Monas) pada Selasa, 13 Oktober 2020. Pantauan KPAI, banyak ditemukan anak-anak di tengah-tengah aksi unjuk rasa.

    Komisioner KPAI di Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra mengatakan, anak-anak ini sangat rentan terinfeksi virus korona (covid-19). Pelajar yang dia temui tidak memperhatikan protokol kesehatan.

    "Situasi anak anak dalam demo demonstrasi kelihatan berkelompok kelompok. Berjaga jarak, menghindari kerumunan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan, karena derasnya aliran massa dan massa padat berkumpul di lingkaran patung kuda dan depan pintu Monas," kata Jasra dalam keterangannya Selasa, 13 Oktober 2020.

    Baca: KPAI: Alasan Pelajar Ikut Demo karena Bosan Tak Sekolah

    Jasra mengatakan, ada sebagian anak-anak ini justru bebas berbagi rokok, minuman dan makanan. Saat diingatkan untuk menggunakan masker, sebagian dari mereka tampak acuh.

    "Saya coba mengajak beberapa anak pakai masker, kemudian mereka menurutinya, kecuali anak-anak yang merokok. Situasi kesehatan yang buruk, seperti merokok, bermasker tidak ada yang mengingatkan, lingkungan kecenderungan membiarkan perilaku tersebut," sambung Jasra.

    Hal ini disesalkan Jasra, karena Jakarta masih zona merah penyebaran covid-19. Anak-anak menjadi kelompok rentan didalam lautan massa seperti yang dilihat Jasra.

    "Apalagi kondisi pembatasan kegiatan mereka selama pandemi ini. Imun mereka akhirnya lemah karena tertekanan akibat pembatasan," tutup Jasra.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id