Kurikulum Arsitektur Lanskap IPB Jadi Percontohan di Indonesia

    Citra Larasati - 30 Maret 2021 12:30 WIB
    Kurikulum Arsitektur Lanskap IPB Jadi Percontohan di Indonesia
    Ilustrasi arsitektur lanskap. Foto: IPB/Humas



    Jakarta:  Pada umumnya, arsitektur identik dengan penataan bangunan atau gedung. Namun, terdapat aspek khusus lainnya, yaitu pada penataan tanaman yang biasa disebut arsitektur lanskap.

    Prodi ini terdapat di Departemen Arsitektur Lanskap (ARL), Fakultas Pertanian, IPB University sebagai program studi Sarjana dan Pascasarjana.  Ketua Departemen ARL IPB University, Akhmad Arifin Hadi mengatakan lulusan Sarjana ARL IPB University sudah memiliki gelar SArl atau Sarjana Arsitek Lanskap yang sudah diakui oleh pemerintah sejak tahun 2017.






    Ia menjelaskan, lulusan ARL IPB University dapat bekerja di pemerintahan, konsultan, kontraktor, perguruan tinggi maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di berbagai daerah di Indonesia serta di luar negeri.  “Selain itu para lulusan ARL juga dapat bekerja di lembaga swadaya masyarakat dan berwirausaha,” kata Arifin, Selasa, 30 Maret 2021.

    Dalam bidang pendidikan, ia menerangkan bahwa Departemen ARL IPB University turut menjadi percontohan untuk kurikulum arsitektur lanskap. Tidak hanya itu, ia mengaku pihaknya turut membina perguruan tinggi lain yang sedang membangun program studi arsitektur lanskap, contohnya seperti di Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

    Para dosen di program studi arsitektur lanskap ITERA sebagian besar juga lulusan dari ARL IPB University.  "Di bidang penelitian, kami juga setiap tahun mengadakan International Symposium of Sustainable Landscape Development, yang mempertemukan antara akademisi dan praktisi arsitektur lanskap dari seluruh Indonesia dan dunia," ujarnya.

    Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya akan terus berusaha membekali dan mengantarkan mahasiswa didik sebagai arsitek lanskap profesional yang andal. Dengan demikian, para lulusan tidak hanya berkiprah di level nasional namun juga internasional.

    Baca juga:  Bekerja Sama dengan Pemda, IPB Bantu Petani Subang

    "Hal ini sudah mulai terwujud karena banyak para alumnus yang bekerja dan melanjutkan studi di luar negeri seperti di Jepang, Singapura, dan Brunei Darussalam. Selain itu kami juga ingin memperkuat jejaring alumni arsitektur lanskap, karena keberhasilan ARL tidak lepas dari peran serta alumni misalnya dalam hal perekrutan lulusan, magang mahasiswa dan kegiatan belajar mengajar terutama praktikum," tambahnya.

    Departemen Arsitektur Lanskap memiliki potensi kemampuan praktis di bidang arsitektur lanskap. Potensi ini akan dilakukan pengembangan dan penerapan kepada masyarakat dan mampu menjalin kerja sama dengan satuan unit usaha sehingga kualitas lanskap dapat menjadi lebih baik.   "Nama arsitektur lanskap juga semakin dikenal di masyarakat luas," tutupnya. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id