Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Kedokteran Dinilai Perlu Ditata Ulang

    Arga sumantri - 09 April 2021 10:16 WIB
    Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Kedokteran Dinilai Perlu Ditata Ulang
    Ilustrasi. Medcom.id



    Yogyakarta: Pakar Universitas Gadjah Mada (UGM) Titi Savitri Prihatiningsih mengaku merasakan kegalauan terkait penjaminan mutu dokter dan pendidikan dokter. Ia menyebut sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dokter dan pendidikan dokter belum berjalan baik.

    Hal ini ia tuangkan dalam bukunya berjudul 'Monograf Pengembangan Model Sistem Penjaminan Mutu untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kedokteran'. Buku ini hadir dari kegalauan dirinya selama terlibat langsung dalam upaya penjaminan mutu di LAMPTKes.






    "Ada kegalauan setelah terlibat cukup panjang dalam upaya penjaminan mutu. SPMI seolah dianggap hanya sekadar dokumentasi dan ini banyak terjadi," kata Titi mengutip siaran pers UGM, Jumat, 9 April 2021.

    Baca: Pilih Pusat UTBK di UGM? Ini Persiapan yang Perlu DIlakukan

    Mantan Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini mengemukakan, saat proses akreditasi maupun reakreditasi, hanya seperti ritual setiap lima tahun untuk menyiapkan dokumen. SPMI pada akhirnya belum terkait langsung pada dengan proses peningkatan pembelajaran. Sebab, setelah akreditasi berakhir maka proses pembelajaran kembali lagi seperti sebelum akreditasi.

    "Belum ada perubahan mendasar, seperti kurikulum. Justru yang mendorong perubahan karena adanya pandemi covid-19 dan seolah-olah SPMI didorong pihak luar. Padahal, seharusnya kesadaran dari institusi itu sendiri," paparnya.

    Ia pun mempertanyakan apakah sistem penjaminan mutu berdampak pada proses pembelajaran mahasiswa, perbaikan outcome lulusan, peningkatan kesiapan lulusan masuk dunia kerja dan lainnya.

    Melalui bukunya, ia mengajak untuk bersama-sama merenung dan berpikir tentang paradigma mutu pendidikan dan sistem penjaminan mutu pendidikan. Lalu, terkait filsafat dan karakteristik pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id