Pemerintah Anggarkan Rp9,6 Miliar untuk KIP Kuliah di 2021

    Ilham Pratama Putra - 22 Juni 2020 12:56 WIB
    Pemerintah Anggarkan Rp9,6 Miliar untuk KIP Kuliah di 2021
    Raker antara Kemendikbud dengan Komisi X DPR. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menganggarkan dana sebesar Rp10,041 miliar untuk program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Rp9,6 miliar untuk KIP Kuliah di 2021. Selain KIP dan KIP Kuliah, pihaknya juga merancang tujuh program prioritas lainnya.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim juga memastikan, bahwa pengelolaan KIP masih menjadi tanggung jawab Kemendikbud di 2021, belum ada perubahan kebijakan terkait hal tersebut. 

    "Belum ada rencana dari Kemendikbud kalau KIP akan dipindah dari Kemendikbud. Belum ada keputusan untuk mengubah itu," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, Senin, 22 Juni 2020.

    Selain itu, untuk KIP Kuliah juga masih akan dikelola Kemendikbud di tahun depan. Bahkan pihaknya menjadikan program-program ini sebagai prioritas di 2021.

    "Ini semua untuk membantu mahasiswa terutama mahasiswa di perguruan tinggi swasta," lanjut Nadiem.

    Baca juga:  IPB Rutin Beri Keringanan UKT Tiap Semester

    Kemudian program lainnya seperti di Badan Bahasa, nantinya juga akan dikembangkan leksikografi sebanyak 25.000 kata dan istilah baru.  "Kami juga bersama Badan Bahasa akan memperkuat Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) literasi untuk kemahiran berbahasa Indonesia," kata Nadiem.

    Sementara di Ditjen PAUD Dikdasmen, pihaknya menjadikan penyediaan peralatan, TIK, pendampingan daerah dan penguatan tata kelola sebagai prioritas.

    "Pengembangan selanjutnya yang jadi prioritas di Pendidikan vokasi Kami ingin adanya revitalisasi SMK, penguatan SDM di bidang vokasi dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) vokasi," pungkas Nadiem.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id