Pengajar Vokasi Diminta Maksimalkan Pembelajaran di Media Sosial

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 01 Juli 2020 20:46 WIB
    Pengajar Vokasi Diminta Maksimalkan Pembelajaran di Media Sosial
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto meminta dosen maupun guru SMK memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan pembelajaran. Ia menilai belum banyak pengajar vokasi yang memanfaatkan media sosial dalam memberikan materi ajar.

    "Ada berapa dosen yang menjadi YouTuber? Berapa banyak dosen yang mandiri mampu membuat film pembelajaran," kata Wikan dalam seminar daring bertajuk Pembelajaran Digitalisasi Manufaktur Era Industri 4.0 di Pendidikan Tinggi Vokasi, Rabu, 1 Juli 2020. 

    Ia mengatakan, pelajar masa kini lebih banyak menghabiskan waktunya di platform media sosial. Ini sebetulnya bisa menjadi peluang yang harus dimanfaatkan oleh pengajar, dengan membuat konten pembelajaran di media sosial.

    "Kalau dosen yang punya visi ke depan itu ingin mengajar anak-anak itu maka masuklah ke platform kehidupan anak-anak itu, media sosial. Mereka hidup di media sosial sepuluh kali lebih lama daripada ketemu dosen di kelas" ujarnya.

    Baca: Kemendikbud: Kurikulum Vokasi Harus Ramah Teknologi Digital

    Menurut Wikan, apabila guru dan dosen bisa menghadirkan pembelajaran di Instagram atau YouTube bisa memiliki jangkauan lebih luas. Materi sudah barang tentu bukan hanya bisa diakses mahasiswa atau pelajar, melainkan masyarakat umum.

    "Artinya akan mengajar lebih dari 50 orang, bahkan ribuan. Artinya bisa mengajar selamanya dengan memanfaatkan digital teknologi," ucapnya.

    Semangat ini, menurut Wikan, bagian dari implementasi kurikulum vokasi yang ramah teknologi digital.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id