Peneliti UI: PPDB DKI Berdasarkan Usia, Ini Langkah Baik

    Ilham Pratama Putra - 08 Juli 2020 14:24 WIB
    Peneliti UI: PPDB DKI Berdasarkan Usia, Ini Langkah Baik
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta: Peneliti Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia (Puskapa UI), Windy Liem menyebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta sudah menjalankan asas yang baik. Seleksi usia yang sempat membuat gaduh dinilai Windy sebagai upaya pemerataan layanan pendidikan.

    "Kalau menurut Kami sejauh ini PPDB Jakarta berdasarkan usia ini langkah yang baik. Tapi kebijakan baru ini harus dievaluasi," kata Windy dalam diskusi Forum Ikatan Alumni UI, Rabu, 8 Juli 2020.

    Baca juga:  Komisi X Dorong Konsep Sekolah Swasta Dibiayai APBN

    Salah satu yang perlu dievaluasi adalah, apakah kebijakan tersebut akan mencapai tujuannya dalam menjangkau anak-anak yang tidak mendapat pendidikan. Selanjutnya dengan seleksi usia, apakah lantas akan meningkatkan kualitas sekolah.

    "Apakah ada dampak buruk muncul? misal karena sekolah heterogen malah ada kesenjangan sosial. Dan hal itu belum bisa Kita lihat hari ini," ujarnya.

    Dengan tingginya tingkat keberagaman di sekolah, dinas pendidikan juga perlu menetapkan capaian belajar yang tepat. Guru juga dituntut bisa kreatif dalam mendidik siswa yang memilki rentang umur yang jauh dalam satu kelas.

    "Guru harus bisa lebih kreatif lagi dalam mendidik. Dengan tingginya heterogenitas ini gimana guru bisa menciptakan suasana toleransi, siswa bisa menerima keanekaragaman status ekonomi dan sosial," pungkasnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id