Guru Dituntut Kuasai Tiga Literasi Abad 21

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 05 Desember 2019 19:18 WIB
    Guru Dituntut Kuasai Tiga Literasi Abad 21
    Guru tengah mengajarkan siswa di muka kelas. Foto: MI/Gino Hadi.
    Jakarta:  Tantangan guru di era revolusi industri 4.0 sudah bergeser dari literasi lama ke literasi baru.  Untuk itu guru dituntut untuk menguasai setidaknya tiga dari literasi baru tersebut, yakni literasi manusia, literasi teknologi, dan literasi data.

    “Siapa-siapa guru yang tidak paham teknologi akan tergilas, karena itu guru masa 21 menguasi ketiga literasi itu,” Rektor Universitas Medan (Unimed) Syamsul Gultom, saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi X DPR RI, di Senayan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

    Menurutnya, guru harus mengetahui isu kekinian, mulai dari Internet of Think, Big Data, sampai Kecerdasan Buatan. Ia juga menjelasakan saat ini pembelajaran telah menerapkan blended learning, antara tatap muka dan penggunaan Internet of Think

    Meski perkembangan teknologi begitu pesat, Syamsul mengatakan, guru tidak perlu risau posisisnya akan diganti oleh robot. Karena yang menjadi pembeda adalah rasa kemanusiaan yang dimiliki manusia, dan itu penting dan dibutuhkan untuk mengajar.

    Syamsul yang menggantikan Syawal Gultom sebagai rektor Unimed 2019-2023 ini juga menjelaskan terkait pengembangan pendidikan guru. Menurutnya pengembangan pendidikan 
    perlu  perbaikan. 

    “Perbaikan pendidikan guru akan berdampak  pada kualitas dan kompetensi guru yang dilaksanakan di LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) mulai 2020. Seleksi guru prajabatan kini mempertimbangkan selain minat dan bakat, juga panggilan jiwa dari psikolog,” jelasnya.

    Sementara Pengembangan kompetensi guru menurutnya harus ada pola yang baik, yaitu terdapat pelatihan guru yang terstruktur sistematis sesuai dengan jenjang karirnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id