comscore

Nadiem Optimistis BOP PAUD Paling Lambat Diterima Sekolah Maret 2022

Ilham Pratama Putra - 15 Februari 2022 12:54 WIB
Nadiem Optimistis BOP PAUD Paling Lambat Diterima Sekolah Maret 2022
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: YouTube
Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menargetkan transfer Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan BOP Kesetaraan sudah dapat diterima sekolah paling lambat Maret 2022.  Target ini optimistis tercapai, setelah adanya transformasi dalam penyaluran BOP.

Salah satu bentuk transformasi tersebut adalah penyaluran BOP yang langsung ditransfer ke rekening sekolah.  Mendikbudristek, Nadiem Makarim meyakini sistem transfer langsung itu akan mempercepat penyaluran BOP. Tidak akan ada lagi keterlambatan penyaluran seperti yang terjadi di tahun 2021.
"Itu biasanya (di 2021) uang dikirim akhir Maret dan awal April dan baru diterima dan banyak sekolah-sekolah baru menerima di bulan Mei, Juni dan Juli dan ini yang kami koreksi di tahun ini," tutur Nadiem dalam konferensi pers Merdeka Belajar Episode 16 Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Satuan Pendidikan, secara daring, Selasa 15 Februari 2022.

Dengan adanya model transfer langsung ini, Nadiem meyakini proses penyaluran akan semakin cepat. Bahkan ia menyatakan setidaknya penyaluran BOP sudah dapat dituntaskan di Maret 2022.

"Kita akan transfer langsung dan 100 persen anggaran BOP PAUD dan kesetaraan akan diterima sekolah di bulan Febuari dan paling telat bulan Maret," ungkap dia.

Baca juga:  PAUD dan Satuan Pendidikan Kesetaraan Dibebaskan Gunakan BOP Sesuai Kebutuhan

Dengan begitu, Ia berharap tidak akan ada lagi cerita orang tua, guru, kepala sekolah harus menalangi kebutuhan operasional sekolah. Sebab dengan transfer langsung akan ada jaminan stabilitas keuangan PAUD dan satuan pendidikan kesetaraan.

"Sekarang dengan transfer langsung kondisi keuangan PAUD kita akan lebih stabil dan efesien," pungkasnya.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id