comscore

Pantau Penyeberan Covid-19, Sekolah Diberikan QR Code Khusus

Ilham Pratama Putra - 03 Januari 2022 14:08 WIB
Pantau Penyeberan Covid-19, Sekolah Diberikan QR Code Khusus
Sekjen Kemendikbudristek Suharti. Tangkapan layar. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Pemerintah telah memberikan akses kepada satuan pendidikan untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas hingga 100 persen di tengah pandemi covid-19. Sejalan dengan itu antisipasi penyebaran covid-19 di sekolah mesti dilakukan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun meningkatkan pemantauan pandemi di lingkungan sekolah. Salah satunya membekali sekolah dengan quick response (QR) code khusus.
"Kita mendorong penggunaan teknologi untuk memantau perkembangan pandemi di masing-masing satuan pendidikan. Sebagai contoh kita sudah punya QR Code di masing-masing sekolah," kata Sekjen Kemendikbudristek, Suharti dalam webinar kesiapan pelaksanaan PTM terbatas, Senin, 3 Januari 2022.

Suharti menjelaskan, jika masih ada sekolah yang belum memiliki QR code tersebut, maka pihak sekolah dapat menghubungi Dinas Pendidikan setempat. QR code tersebut, kata dia, dapat mengirimkan pemberitahuan mengenai status sekolah terkait penyebaran covid-19.

Baca: Ini Ketentuan PTM Terbatas Berdasarkan SKB 4 Menteri Terbaru

"Dengan teknologi tersebut, sekolah akan tahu akan mendapatkan notifikasi, siapa warga sekolah yang sudah vaksinasi dan siapa yang belum vaksinasi. Bahkan kalau misalnya ada yang terpapar juga langsung diberikan notifikasi ke sekolah dan kepada Dinas supaya bisa dilakukan pemantauan lebih lanjut, bisa dilakukan tindakan lebih lanjut," terang Suharti.

Dengan data itu, sekolah bisa mengetahui potensi warga sekolah yang memiliki kontak erat dengan orang yang terpapar virus covid-19. Hal itu dapat membantu pencegahan penularan di lingkungan sekolah.

"Mudah-mudahan dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, dengan adanya teknologi yang kita gunakan tersebut kita dapat memastikan bahwa anak-anak kita, guru-guru kita, satuan pendidikan kita dan bahkan keluarga kita menjadi terlindungi secara lebih baik lagi," pungkas Suharti.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id