comscore

Merger PTS Disebut Akan Tingkatkan APK

Ilham Pratama Putra - 23 Mei 2022 15:47 WIB
Merger PTS Disebut Akan Tingkatkan APK
Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendorong Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kecil melakukan merger. Kehadiran PTS yang lebih besar akan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi.

"Kita ingin PTS-PTS kita itu besar sehingga bisa APK itu cepet naik. Jadi, APK itu tidak sekadar memberikan akses, tapi pendidikan berkualitas," kata Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam, di Gedung Kemendikbudristek, Senin, 23 Mei 2022.
Dia tidak ingin calon mahasiswa masuk ke perguruan tinggi yang pembelajarannya tidak berjalan. Terlebih, kampus tersebut tidak memiliki dosen.

"Kalau mereka hanya masuk ke suatu perguruan tinggi tapi pembelajaran tidak berjalan, dosennya ternyata tidak ada, itu kan bohong-bohongan. Artinya masyarakat tertipu," tutur dia.

Nizam menyebut PTS yang menjadi tempat belajar mahasiswa mesti bisa mengantar anak didiknya mampu terjun ke dunia kerja maupun usaha. Perguruan tinggi, kata dia, harus menampilkan kualitas.

"Jadi, kalau itu sudah masuk ke perguruan tinggi, lulus, ya paling tidak bisa mandiri, bisa bekerja, bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi, tiga yang penting itu akses, kualitas, relevansi harus berjalan beriringan," sebut dia. 

Nizam menyebut mengacu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), APK sudah mencapai target. Berdasarkan RPJMN target APK ialah 37 persen.

"APK kita kalau target di dalam RPJM-nya itu kan 37 persen. Kalau kita melihat dari pangkalan data Dikti yang ada di Ditjen Dikti itu sudah 9 juta. Jadi, kalau 9 juta dibandingkan dengan usia 19 sampai 24 tahun itu sebenarnya sudah di atas 37 persen," tutur dia.

Baca: Merger PTS untuk Musnahkan Kampus 'Zombie'
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id