comscore

Simak 10 Profesi yang Cocok untuk Jurusan IPS

Medcom - 25 Mei 2022 16:48 WIB
Simak 10 Profesi yang Cocok untuk Jurusan IPS
Ilustrasi wawancara kerja. Pexel
Jakarta: Sobat Medcom pasti pernah mendengar stereotip yang mengatakan jurusan IPA bisa ‘masuk’ ke mana saja. Jebolan jurusan itu diyakini memiliki pilihan program studi dan prospek kerja yang luas di berbagai bidang, tak terkecuali rumpun sosial.

Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan, bagaimana dengan nasib anak IPS? Kabar baiknya, pilihan jurusan kuliah serta peluang karier pada rumpun sosial dan humaniora juga kian beragam.
Dikutip dari Quipper, setidaknya ada 10 profesi yang cocok untuk ditekuni siswa jurusan IPS. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Akuntan

Kuliah di jurusan Ekonomi atau Akuntansi merupakan langkah awal untuk menjadi seorang akuntan. Setelah lulus S1, dilanjutkan dengan mengambil kuliah profesi akuntan yang biasanya selesai dalam dua semester guna menambah keahlian.

Setelah berprofesi sebagai akuntan, Sobat Medcom bisa memilih karier yang lebih spesifik lagi. Misalnya, sebagai akuntan publik, akuntan di perusahaan, akuntan pajak, atau guru akuntansi di sekolah.

2. Psikolog

Jika ingin menjadi seorang psikolog, maka harus menempuh pendidikan sarjana di jurusan Psikologi. Selepas S1, dilanjutkan dengan mengambil program profesi yang setara dengan S2 di Fakultas Psikologi.

Nantinya, Sobat Medcom bisa memilih jenis konsentrasi keilmuan yang sesuai dengan minat. Mulai dari Psikolog Anak, Industri, Klinis, atau Perkembangan.

3. Pengacara

Kuliah di jurusan Hukum merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin menjadi seorang pengacara. Selepas S1, dilanjutkan dengan kuliah profesi yang lebih berfokus pada satu bidang keilmuan, yakni Hukum Pidana atau Hukum Perdata.

4. Diplomat

Diplomat bertugas melakukan pekerjaan diplomasi dengan negara lain di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, pendidikan, HAM, kebudayaan dan sebagainya. Tak cuma bekerja di Kemenlu, diplomat juga bisa bekerja di lembaga internasional seperti ASEAN atau PBB.

Untuk mendukung tugas-tugas yang demikian, tentu diperlukan latar belakang pendidikan yang sesuai. Hubungan Internasional merupakan jurusan yang patut ditekuni jika ingin menjadi diplomat.

5. Public Relation

Public Relation (PR) bisa dibilang merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Sebab, profesi ini bertugas menjalin komunikasi dan menyampaikan semua informasi penting perusahaan kepada publik.

Misalnya, saat perusahaan memiliki produk baru, maka PR akan mengenalkannya pada masyarakat. PR juga menjalin komunikasi dengan media, seperti televisi, surat kabar, dan sebagainya.

Untuk mendukung tugas-tugas yang demikian, tentu diperlukan latar belakang pendidikan yang sesuai. Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Hubungan Masyarakat atau Public Realtion merupakan jurusan yang patut diambil jika ingin menekuni profesi ini.

6. Anggota Parlemen

Untuk menjadi seorang anggota parlemen, perlu menempuh pendidikan Ilmu Politik. Selain itu, juga bisa menekuni bidang keilmuan yang lebih spesifik, seperti Ekonomi, Hukum, Pendidikan, Budaya, dan sebagainya.

Pengetahuan mendalam terkait bidang tertentu akan sangat membantu ketika berada pada komisi yang sesuai dengan bidang yang didalami. Namun perlu diingat, ilmu pengetahuan itu juga harus dilengkapi dengan rasa empati tinggi dan mau mendengarkan keluhan orang lain.

7. Perencana Keuangan

Perencana keuangan bertugas membantu individu, kelompok, maupun organisasi untuk membuat perencanaan finansial. Untuk menekuni profesi ini, maka bisa mengambil pendidikan Ilmu Akuntansi.

Selepas S1, harus dilanjutkan dengan mengambil sertifikat sebagai perencana keuangan, yaitu Certified Financial Planner (CFP).

8. Konsultan Pajak

Tugas konsultan pajak cukup beragam, mulai dari konsultasi, membantu membayarkan pajak klien, hingga menyelesaikan sengketa pajak. Untuk mendukung tugas yang demikian, tentu diperlukan latar belakang pendidikan yang sesuai.

Jurusan Akuntansi atau Perpajakan bisa menjadi pilihan tepat jika ingin menekuni profesi yang satu ini.

9. Presenter

Sebenarnya, profesi ini tak memerlukan pendidikan khusus. Meski begitu, Sobat Medcom bisa menambah skill terkait profesi ini dengan kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi.

10. Konselor

Tanggung jawab konselor tidak berbeda jauh dengan psikolog. Keduanya sama-sama memberikan arahan, bimbingan, ataupun saran kepada orang yang sedang mengalami suatu permasalahan.

Itulah 10 profesi yang cocok untuk siswa IPS beserta jurusan di kuliah yang harus ditempuh. Tertarik menekuni salah satu profesi di atas? (Nurisma Rahmatika)

Baca: Anak IPS, Ini 10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Kamu



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id