comscore

Ini 30 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS

Medcom - 28 Mei 2022 09:09 WIB
Ini 30 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS
Ilustrasi. Medcom.id/Ilham Pratama
Jakarta:  Jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) kerap dikaitkan dengan anggapan bahwa lulusannya bisa ‘masuk’ atau melanjutkan ke program studi manapun.  Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, jurusan itu diyakini memiliki banyak pilihan program studi di perguruan tinggi.

Kendati demikian, jurusan IPS juga memiliki beragam pilihan program studi yang tak kalah banyak ketimbang jurusan ilmu eksakta. Tak tanggung-tanggung, setidaknya ada 30 program studi yang dikhususkan untuk jebolan IPS.

Lantas, jurusan apa sajakah itu? Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ulasannya:

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi atau biasa disingkat Ilkom akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations
Misalnya, di Universitas Padjadjaran, mempelajari mata kuliah Komunikasi Massa dan Media, Statistika Sosial, Kajian Media Kritis, Public Speaking, Psikologi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran Sosial, Social Network Analysis, dan masih banyak lagi.

2. Manajemen

Jurusan Manajemen tak cuma mencakup bidang ekonomi, tetapi juga Manajemen Pendidikan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Manajemen Perbankan, dan Manajemen Pariwiasata.

Mata kuliah yang dipelajari pun berbeda, tergantung jenis manajemen yang diambil. Contohnya, beberapa mata kuliah yang akan didapatkan di jurusan Manajemen Pendidikan antara lain Manajemen Peserta Didik, Psikologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Perencanaan Pendidikan, dan Humas Pendidikan.

3. Hubungan Internasional

Bagi yang tertarik dengan isu-isu internasional, jurusan Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan tepat. Mata kuliah yang dipelajari bakal mendorong mahasiswa untuk mendalami hal-hal tersebut secara objektif.

Berbicara tentang mata kuliah, contoh materi yang akan dipelajari antara lain Organisasi Internasional, Teori Diplomasi, Studi Keamanan Internasional, Hukum Humaniter, Regionalisme dan Globalisme, Komunikasi Internasional, Migrasi Global.

4. Ilmu Hukum

Sesuai namanya, jurusan untuk anak IPS yang satu ini bakal mempelajari seluk beluk hukum. Mulai dari Hukum Negara, Hukum Adat, Hukum Perburuhan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Hukum Internasional, Hukum Lingkungan, Ilmu Perundang-Undangan, dan masih banyak lagi.

5. Psikologi

Jurusan Psikologi termasuk ke dalam rumpun soshum dan saintek, tergantung kebijakan kampus masing-masing. Meski begitu, keduanya sama-sama mempelajari pola perilaku atau kebiasaan manusia yang berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari ialah Psikologi Klinis, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan Anak, Psikologi Budaya, Coaching dan Mentoring, Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja, serta Psikologi Konsumen.

6. Akuntansi

Jurusan Akuntansi mempelajari berbagai hal terkait ranah ekonomi, mulai dari transaksi keuangan, debet kredit, laba, rugi, bisnis, hingga perpajakan.

Mata kuliah yang dipelajari antara lain Matematika Ekonomi dan Bisnis, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Akuntansi Biaya, Akuntansi Pemerintah, Manajemen Keuangan Internasional, Komunikasi Bisnis, serta Pemeriksaan Akuntansi Publik.

7. Kriminologi

Pemeriksaan tempat kejadian perkara (TKP) atas kasus pembunuhan merupakan salah satu ranah jurusan Kriminologi. Beberapa mata kuliah yang dipelajari antara lain Sosiologi Perilaku Menyimpang dan Sistem Peradilan Pidana, Viktimologi, serta Analisa Resiko Kejahatan. 

8. Sosiologi

Sosiologi yang dipelajari semasa SMA dan kuliah tentu berbeda. Di perkuliahan, pembahasan materi dan lingkup pengetahuannya akan lebih dalam.

Contoh mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain Sosiologi Gender, Sosiologi Fashion, Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Pasar dan Konsumsi, Studi Urban dan Regional, Analisis Kriminalitas dan Korupsi, serta Teori Sosiologi Kritis dan Posmodern.

9. Ilmu Politik

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari dinamika dunia politik, baik di dalam maupun luar negeri. Lulusan jurusan ini tak harus terjun langsung ke dunia politik, melainkan diharapkan dapat menjadi manusia yang berdaya untuk diri sendiri dan sekitarnya dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari selama ini.

Berbicara tentang ilmu, beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Politik antara lain Pemikiran Politik Indonesia, Pengantar Studi Demokrasi, Teori Gerakan Sosial, Kebijakan Publik, serta Militer dan Politik di Negara Berkembang.

10. Ilmu Administrasi 

Jurusan Ilmu Administrasi Negara mencakup bidang Fiskal, Negara, dan Bisnis. Ketiganya tentu memiliki mata kuliah yang berbeda.

11. Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan ini mempelajari berbagai ilmu yang menyangkut upaya meningkatkan kesejahteraan, baik diri sendiri atau lingkungan sekitar.

Mata kuliah jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang akan dipelajari antara lain Metode Pekerjaan Sosial, Sistem Politik Indonesia, Relasi dan Komunikasi Pekerjaan Sosial, Ilmu Kesehatan Masyarakat, serta Keterampilan Advokasi dan Mediasi.

12. Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah utamanya mempelajari fenomena di masa lalu agar mahasiswa dapat berpikir kritis dan menemukan alternatif untuk berbagai dinamika kehidupan manusia.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari antara lain Sejarah Perkotaan, Militer Indonesia, Agraria, Birokrasi di Indonesia, Diplomasi Indonesia, dan masih banyak lagi.

13. Arkeologi

Jurusan Arkeologi erat kaitannya dengan artefak, bangunan bersejarah, fosil, dan berbagai macam peninggalan kehidupan manusia zaman dulu. Mata kuliah yang diajarkan antara lain Arkeologi Maritim, Permukiman dan Perkotaan Kuno, Permasalahan Pelestarian Cagar Budaya, serta Museum dan Publik.

14. Filsafat

Jurusan Filsafat bakal terus mendorong mahasiswanya untuk berpikir kritis mengenai berbagai hal. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dalam menganalisis suatu masalah yang dihadapi dengan mempertimbangan nilai objektivitas.

Beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari ialah Fisafat Komunikasi, Fisafat Akal Budi, Fisafat Teknologi, Estetika, Etika, Kosmologi, dan Metafisika/Ontologi.

15. Sastra Indonesia

Jurusan ini akan sering mempelajari tentang tata bahasa Indonesia, tetapi bukan cuma berbentuk puisi, prosa, atau pantun, ataupun karya sastra lainnya. Mahasiswa juga bisa diminta mengkaji hasil karya sastra pada mata kuliah Kritik Sastra.

Mata kuliah Sastra Indonesia lain yang akan didapatkan antara lain Pengantar Jurnalistik, Penyuntingan, Filologi, Sastra Anak, Sastra Klasik, Gender dalam Sastra, dan masih banyak lagi.

16. Sastra Inggris

Kuliah di jurusan Sastra Inggris tidak sama dengan sekadar ikut kursus bahasa Inggris. Di perkuliahan, mahasiswa tak lagi mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris.

Sastra Inggris lebih berfokus pada kemampuan di bidang kesusastraan (literatur), kebahasaan (linguistik), dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa Inggris. 

17. Sastra Korea

Jurusan Sastra Korea merupakan program studi yang mempelajari seluk beluk budaya Korea Selatan. Subjek utama yang akan dipelajari adalah bahasa, mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca, hingga menulis.

Tak hanya itu, mahasiswa akan belajar linguistik, fonetik, fonologi, dan kesusastraan Korea. Mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari budaya dan sejarah Korea yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu.

18. Sastra Prancis

Tak cuma belajar tata bahasa, jurusan Sastra Prancis juga akan mempelajari ilmu linguistik, kesusastraan, bahkan sejarah kebudayaan Perancis dan Frankofon.

19. Sastra Belanda

Hampir sama dengan jurusan sastra lainnya, Sastra Belanda akan memplajari hal-hal seputar sastra, sejarah, linguistik, dan budaya.

20. Sastra Jerman

Jurusan Sastra Jerman akan mempelajari berbagai mata kuliah seputar Jerman, di antaranya Bahasa Jerman, Pengetahuan Kebudayaan, Perkembangan Kesusastraan Jerman, Fonetik dan Fonologi Jerman, Telaah Teks Bahasa Jerman, Sastra Kontemporer Jerman, Budaya dan Sastra Urban di Jerman, Terjemahan Jerman-Indonesia, Kritik Sastra, dan Ragam Bahasa Jerman Profesional.

21. Antropologi

Bagi yang suka dengan informasi dan tantangan baru serta melakukan eksplorasi, jurusan Antropologi bisa menjadi piliha tepat. Jurusan ini mempelajari sejarah dari antropologi, dan seperti apa antropologi di Indonesia.

22. Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi akan menuntun mahasiswa membuat pilihan yang dianggap paling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. Selain itu, juga menimbang prioritas kebutuhan dan urgensinya dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, yang mana hanya kemauan, yang mana kebutuhan. 

23. Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah mempelajari tentang ilmu, teori, dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas dari perspektif Islam.

Secara garis besar, subjek-subjek yang dipelajari sama dengan jurusan ekonomi lainnya. Hanya saja, prinsip ekonomi di jurusan Ekonomi Syariah akan berdasar pada syariah Islam, yaitu Al-Quran, Hadits, dan kaidah fiqih lainnya.

24. Ilmu Aktuaria

Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang actuarial science, yaitu ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri asurasi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lainnya.

Mata kuliah yang dipelajari merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrograman komputer, hingga data science atau big data.

25. Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki beberapa mata kuliah yang mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ahli dalam mengelola jenis perpustakaan dan informasi. Program studi ini juga mengarahkan untuk senantiasa mengikuti alur informasi dan teknologi informasi yang terus mengalami kemajuan. 

26. Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik utamanya bakal mempelajari bahasa jurnalistik, ilmu penyiaran, metode penulisan berita, teknik wawancara, hukum etika pers, hingga ilmu manajemen media.

27. Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan mempelajari manajemen atau pengelolaan organisasi publik, seperti lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi menjalankan fungsi negara sesuai undang-undang.

Selain pengetahuan politik, mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan negosiasi dan public speaking.

28. Pariwisata

Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari dunia pariwisata. Di jurusan ini, materi pembelajarannya jelas berkaitan dengan semua hal mengenai pariwisata, seperti manajemen destinasi wisata, manajemen tur dan travel, hingga perhotelan.

29. PGSD

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru SD. Jurusan ini akan mempelajari semua materi pelajaran yang dipelajari siswa SD, seperti Tematik, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya.

Selain materi belajar, juga akan diberikan pengetahuan mengenai cara memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti disiplin, sopan santun, berjiwa sosial, dan sebagainya.

30. Bisnis Digital

Secara umum, jurusan Bisnis Digital mempelajari bisnis yang dikembangkan dengan teknologi digital. Mahasiswa akan diajarkan mengenai segala hal yang berkaitan dengan startup digital, marketplace, big data, sampai artificial intelligence.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari antara lain Statistika, Hukum Bisnis, Pengantar Bisnis, Pemasaran Internet, Perilaku Konsumen, E-Commerce Business, Database, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Simak 10 Profesi yang Cocok untuk Jurusan IPS

Itulah 30 jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS. tertarik berkuliah di salah satunya? (Nurisma Rahmatika)


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id