comscore

Terbuka untuk Umum, Pendaftaran Calon Rektor UGM Dibuka Mulai Hari Ini

Ilham Pratama Putra - 24 Januari 2022 15:35 WIB
Terbuka untuk Umum, Pendaftaran Calon Rektor UGM Dibuka Mulai Hari Ini
Konferensi pers pembukaan pendaftaran bakal calon rektor UGM periode 2022-2027. Foto: Medcom.id/ilham Pratama Putra.
Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) akan kembali memiliki rektor baru untuk periode 2022-2027. Pendaftaran bakal calon rektor baru pun dibuka untuk umum, putra dan putri terbaik bangsa, dengan tiga tahapan yang ditentukan.

"Yang pertama penjaringan bakal calon rektor yang diselenggarakan panja, kedua penjaringan oleh senat akademik dan spesifiknya tim seleksi itu adalah seleksi calon rektor dan tahap ketiga pemilihan dan penetapan rektor," kata Ketua Panja Tim Pemilihan dan Seleksi Calon Rektor UGM 2022-2027, Subagus Wahyuono, dalam konferensi pers daring, Senin, 24 Januari 2022.
Ia menuturkan proses pendaftaran bakal calon rektor tersebut telah dimulai hari ini 24 Januari 2022. Pendaftaran akan ditutup pada 9 Maret 2022. "Informasi pendaftaran melalui seleksirektor.ugm.ac.id," sambungnya.

Terdapat seleksi administrasi yang berlangsung pada tanggal 24 Maret hingga 6 April 2022. Dan dilanjutkan dengan menjaring aspirasi dari masyarakat UGM pada tanggal 18 sampai 29 April 2022.

"Setelahnya dilakukan seleksi oleh senat akademik pada tanggal 9 sampai 13 Mei 2022," terang Subagus.

Nantinya pemilihan dan penetapan oleh Majelis Wali Amanat pada tanggal 17 sampai 20 Mei 2022. "Ini tanggalnya masih range karena kita masih harus menyesuaikan dengan keadaan," ujar Subagus.

Baca: Profesor Sri Nugroho Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UGM

Sekretaris I Panja, Sulistyawati menambahkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon rektor UGM. Pertama, ialah Warga Negara Indonesia yang berstatus dosen PNS dari perguruan tinggi manapun.

"Kalau dosen PNS boleh dari seluruh wilayah PTN maupun PTS seluruh Indonesia. Kalau non PNS harus dosen di UGM," jelas Sulis.

Selain itu bakal calon rektor minimal bergelar doktor dengan usia 60 tahun sebelum tanggal pelantikan. Lebih jaauh Sekretaris II Panja, M Baikuni, menuturkan sosok ideal yang sebenarnya dicari untuk mengisi kursi rektor tersebut.

"Memiliki karakter, jati diri yang bisa mengantar UGM lebih maju dan bermanfaat di masyarakat. Punya kemampuan pemimpin dan manajerial. Kemudian memiliki kemampuan kolaborasi serta bisa menjadi sosok inspirasi bagi seluruh universitas di Indonesia," jelas Baikuni.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id