Pandemi, FFI 2020 Digelar Secara Daring

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 16 Juni 2020 18:25 WIB
    Pandemi, FFI 2020 Digelar Secara Daring
    Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar konferensi video.
    Jakarta: Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi memulai helatan Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Rangkaian ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman Indonesia ini akan digelar secara daring akibat pandemi virus korona (covid-19) .

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan, FFI tahun ini mengusung tema 'Satu Hari Satu Hal Baik Film Indonesia'. Ini juga menjadi momentum untuk menyebarkan kebaikan melalui gerakan #SatuHariSatuHalBaikFilmIndonesia.

    Nadiem menegaskan, pandemi covid-19 mengajarkan untuk tetap bergerak dan berdaya. "Melihat segala peluang dengan memadukan kreativitas dan menyebarkannya lewat teknologi," terang Nadiem dalam konferensi pers FFI 2020 di, Selasa, 16 Juni 2020.

    Nadiem menjelaskan FFI merupakan wadah untuk berkarya. Ajang ini menjadi medium memajukan kebudayaan dan mengenalkan Indonesia ke dunia.

    "Dengan gotong royong kreativitas, perfilman Indonesia pasti bisa melalui masa sulit ini dan bangkit menjadi lebih maju lagi," ujarnya.

    Baca: Kemendikbud Beberkan Alasan Kampus Belum Boleh 'Dibuka'

    Komite Penjurian dan Seleksi FFI Nia Dinata menyampaikan penjurian FFI kali ini menjadi tantangan tersendiri. Juri FFI 2020 sebanyak tujuh orang dan proses kurasi dilakukan secara daring.

    "Saat ini komite kami sudah mengumpulkan 53 film panjang yang sudah bisa diakses oleh kurator," ujarnya.

    Rangkaian FFI akan berlangsung hingga Desember 2020, dengan penganugerahan Piala Citra sebagai puncak acara. Masyarakat dapat mengikuti sejumlah kegiatan yang dipublikasikan di akun YouTube Kemendikbud, Budaya Saya, TV Edukasi, Festival Film Indonesia. Selain itu bisa pula diakses melalui Twitter, Facebook, dan Instagram Pusbangfilm dan Festivalfilmid.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id