Pemanfaatan TVRI Sebagai Saluran Belajar Dilanjutkan Meski Pandemi Usai

    Ilham Pratama Putra - 23 September 2020 18:14 WIB
    Pemanfaatan TVRI Sebagai Saluran Belajar Dilanjutkan Meski Pandemi Usai
    Mendikbud Nadiem Makarim. Zoom
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal melanjutkan program Belajar Dari Rumah (BDR) melalui siaran TVRI. Selama pandemi, TVRI dinilai efektif dalam mendukung Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

    "Layanan terpadu lewat TVRI, akan terus akan dikembangkan. Ini sukses di masa pandemi dan kemungkinan akan dilanjutkan meski pandemi berlalu," kata Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, Rabu, 23 September 2020.

    Menurutnya, pembelajaran melalui siaran TVRI melampaui ekspektasi. Tak hanya menjadi sarana perbantuan dalam PJJ, siaran belajar di TVRI ternyata juga berpengaruh dalam peningkatan literasi.

    "Kami rasa TV jadi suatu channel yang penting untuk literasi, numerasi, kebudayaan, pendidikan karakter juga bahasa inggris. Ini jadi kanal utama agar anak kita bisa berkompetisi di panggung dunia, TV mungkin jadi cara tercepat," terang Nadiem.

    Baca: Nadiem Ubah Metode Perhitungan Dana BOS

    Menurut Nadiem, ini harus terus diakselerasi, sekaligus menjadi fokus program Kemendikbud untuk 2021 mendatang. Meski mengembangkan TVRI, pihaknya tak akan meninggalkan pengembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) untuk pendidikan. Pihaknya bakal secara intensif membangun komunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

    "Mungkin pembagiannya Kemenkominfo adalah konektivitas daripada jaringan, sedangkan penggunaan peralatan bagaimana cara mengonsumsinya, laptop dan peralatan yang digunakan anak-anak itu kita fokuskan di Kemendikbud," jelas Nadiem.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id