Kemendikbud Gandeng TVRI Sebagai Media Belajar Daring

    Ilham Pratama Putra - 09 April 2020 19:26 WIB
    Kemendikbud Gandeng TVRI Sebagai Media Belajar Daring
    Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan layar konferensi video.
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggandeng TVRI sebagai penyedia layanan belajar dari rumah selama pandemi virus korona (covid-19). Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, penyediaan layanan edukasi di televisi bisa jadi asupan tambahan untuk para siswa yang sedang belajar di rumah.

    "Kita sediakan tambahan edukasi untuk para siswa melalui TVRI. Ini bentuknya suplemen, tambahan pengetahuan untuk siswa," kata Nadiem dalam konferensi video, Kamis, 9 April 2020.

    Nadiem mengatakan, upaya ini dilakukan guna memperluas jangkauan setelah selama ini memanfaatkan jaringan internet. Ia meyakini cara ini bisa memberikan layanan edukasi sekaligus hiburan.

    Pola ini diharapkan pula menjadi jawaban atas kendala internet dan pembelian paket data sebagian siswa.  "Ada berbagai macam cara pembelajaran dari rumah. Salah satunya di media TV yang jangkauannya bisa lebih luas," ujarnya. 

    Baca: Nadiem Tegaskan PPDB Tak Diundur Karena PSBB

    Nadiem mengatakan, TVRI akan menampilkan program khusus dari Kemendikbud mulai 13 April 2020. Penyediaan layanan konten edukatif di TVRI ini rencananya dilakukan hingga tiga bulan ke depan.

    Nadiem menyebut, selain berisi materi pembelajaran, program ini juga bakal memberikan materi bimbingan kepada orang tua untuk mendampingi anak belajar di rumah.

    "Dan tentunya semua kontennya untuk peningkatan literasi, numerasi, dan karakter," sambung Nadiem.

    Nadiem menjamin kebijakan pembelajaraan dari rumah saat ini akan terus dievaluasi dan dikembangkan. Dia ingin kualitas siswa, guru, maupun kemampuan orang tua bisa bertumbuh bersama dalam masa darurat covid-19 ini.

    Kemendikbud juga tengah mengkaji kemungkinan kerja sama dengan pihak penyedia layanan streaming. Hal ini diperlukan guna mendukung pembelajaran daring ke depannya.

    "Mungkin saat ini belum. Itu nanti ada di tahap selanjutnya yang tentunya akan kita kaji," ucap dia.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id