Unand Tambah Jurnal Terakreditasi Nasional

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 03 Januari 2020 16:53 WIB
    Unand Tambah Jurnal Terakreditasi Nasional
    Laman Sinta. Foto: Unand/Humas.
    Jakarta:  Daftar Jurnal Universitas Andalas yang terakreditasi Nasional di Science and Technology Index (SINTA) bertambah.  Sebanyak 12 jurnal masuk ke dalam SINTA tepat pada penutupan akhir tahun lalu.

    Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 36/E/KPT/2019 tentang hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VII Tahun 2019 ada 12 jurnal Unand yang terakreditasi.

    Dilansir dari lama Unand, 12 jurnal itu terdiri dari empat kategori jurnal.  Dengan kategori terbanyak, kategori IV.

    SINTA sendiri memilki 6 kategori jurnal, yakni sebagai berikut: 

    Sinta 1    Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
    Sinta 2    Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85
    Sinta 3    Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70
    Sinta 4    Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60
    Sinta 5    Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50
    Sinta 6    Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40

    ke-12 jurnal Unand yang baru saja mendapatkan akreditasi nasional ini tersebar di beberapa kategori.  Sinta 2 Jurnal Arbitrer (Reakreditasi) dan Jurnal Optimasi Sistem Industri (Reakreditasi), Sinta 3 Jurnal Kesehatan Andalas (Reakreditasi),  Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) (Reakreditasi), Jurnal Teknologi Pertanian Andalas (Reakreditasi).

    Kemudian Sinta 4 International Journal of Agricultural Sciences, Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, Journal of Midwifery (Reakreditasi), Jurnal Fisika Unand, Jurnal Teknologi Dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium, NERS: Jurnal Keperawatan (Reakreditasi), Sinta 5 Andalas Obstetric and Gynecology.

    Sebanyak 12 jurnal terakreditasi nasional tersebut menggenapkan koleksi jurnal Unand menjadi 30 jurnal.  Dengan rincian SINTA 2 sebanyak lima jurnal, Sinta 3 sebanyak 13 jurnal, Sinta 4 sebanyak 10 jurnal dan Sinta 5 sebanyak dua jurnal.

    Unand berharap, dengan hasil akreditasi ini pengelolaan jurnal dapat terus meningkat.  Selain itu juga pada 2020 mereka berharap semakin banyak jurnal di lingkungan Universitas Andalas yang terakreditasi nasional dan terindeks pada pengindeks internasional, seperti DOAJ (Directory of Open Access Journals) dan Scopus.

    Tercatat saat ini, baru ada 20 jurnal Unand yang terindeks DOAJ, pengindeks internasional bereputasi baik pada kelompok menengah versi pendidikan tinggi.  Berdasarkan urutan paling baru diindeks oleh DOAJ, berikut adalah daftar jurnal Unand yang ada di dalam DOAJ.

    Keberadaan jurnal yang terindeks DOAJ ini memberikan keleluasaan kepada artikel-artikel yang terbit di jurnal tersebut untuk bisa dibaca dan disitasi oleh pembaca luas.  Selain tentunya pembaca dari dalam negeri. Sebab DOAJ menyebarkan data jurnal ke banyak server perpustakaan dan kampus dunia.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id