Ini 3 Pelanggaran Prokes Terbanyak Selama Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka

    Sri Yanti Nainggolan - 07 April 2021 17:39 WIB
    Ini 3 Pelanggaran Prokes Terbanyak Selama Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka
    Ilustrasi. Foto: Dok. Kemendikbud



    Jakarta: Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) memberikan evaluasi terhadap 16 provinsi yang sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Banyak pelanggaran protokol kesehatan (prokes) terjadi selama proses pembelajaran luring tersebut. 

    Daerah-daerah tersebut mulai menggelar PTM sejak Januari, Februari, dan April 2021. Yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTT, Papua, dan Papua Barat. 






    P2G menemukan banyak pelanggaran di dalam sekolah-sekolah tersebut. Seperti di kabupaten Kepulauan Simeulue, Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Melawi, Batam, Kota Bukittinggi, Tanah Datar, Padang Panjang, Pandeglang, Bojonegoro, dan Situbondo.

    Berikut tiga aktivitas pelanggaran prokes yang disoroti oleh P2G:

    1. Tidak memakai masker 

    Iman Zanatul Haeri, Kabid Advokasi P2G, menyebutkan bahwa kasus terbanyak adalah guru dan siswa tidak memakai masker. Andai memakai masker, tetapi tidak sesuai protokol kesehatan karena hanya dipakai di dagu.

    2. Tidak menjaga jarak

    "Kemudian masih terjadi pelanggaran terhadap 3M lainnya yaitu tidak menjaga jarak. Menurut gurunya karena faktor anak-anak kangen-kangenan, akhirnya lupa," kata Iman Zanatul Haeri, Kabid Advokasi P2G, Rabu, 7 April 2021.

    "Tak hanya di sekolah, mereka juga tak menjaga jarak saat berada di angkutan umum. Hal ini dapat memberi efek berbahaya bagi kesehatan guru dan murid," tambah dia. 

    3. Nongkrong hingga menimbulkan kerumunan

    Iman melanjutkan, pelanggaran juga terjadi di luar sekolah. Ketika pulang sekolah, siswa dan guru melanggar 3M seperti berkerumun, nongkrong tidak mematuhi prokes, tidak menjaga jarak, dan tidak mengenakan masker.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id