comscore

BOP PAUD Naik Hingga Rp1,2 Juta per Peserta Didik

Ilham Pratama Putra - 15 Februari 2022 12:27 WIB
BOP PAUD Naik Hingga Rp1,2 Juta per Peserta Didik
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mentransformasi nilai satuan biaya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mulai 2022, akan ada variasi nilai BOP PAUD berdasarkan karakteristik dan kebutuhan antardaerah.

"Kebijakan BOP PAUD 2021 tadinya nilai satuan biaya per peserta didik itu semua Rp600 ribu. Ini akan berubah di 2022. Sekarang satuan biaya beda-beda setiap daerah," ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam konferensi pers Merdeka Belajar Episode 16 Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Satuan Pendidikan secara daring, Selasa, 15 Februari 2022.
Dia menjelaskan besaran BOP PAUD akan dihitung berdasarkan standar indeks kemahalan konstruksi dan indeks peserta didik di tiap wilayah kabupaten. Hal tersebut merupakan instrumen yang memegang prinsip keadilan.

"Kita menggunakan matrik ini, karena matrik ini menunjukkan tingkat sosio ekonomi masing-masing daerah. Seberapa sulit mengakses di situ, seberapa sulit mengirim barang ke sana," papar dia.

Sehingga, rentang nilai satuan BOP PAUD bisa berbeda-beda. Pihaknya memberikan rentang pemberian BOP PAUD mulai dari Rp600 ribu hingga Rp1,2 juta.

"Jadinya tidak ada yang turun, cuma ada yang naik, bahkan ada yang naik secara cukup dramatis," ungkap Nadiem.

Lewat aturan ini, setidaknya tingkat kenaikan BOP PAUD di 270 Kabupaten atau Kota mencapai 9,5 persen. "Jadi, ini kabar gemberia bagi PAUD di Indonesia," tutur dia.

Baca: Merdeka Belajar Episode 16: Kemendikbudristek Akselerasi Pendanaan Satuan Pendidikan
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id