comscore

Pengamat Pendidikan Minta Ada Pasal Tambahan Jelaskan Soal Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah di RUU Sisdiknas

Ilham Pratama Putra - 15 Juni 2022 17:48 WIB
Pengamat Pendidikan Minta Ada Pasal Tambahan Jelaskan Soal Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah di RUU Sisdiknas
Ilustrasi undang-undang. Medcom
Jakarta: Pengamat pendidikan, Doni Koesoema, mengkritisi keberadaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dalam Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas). Doni menilai ada potensi pelemahan fungsi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dalam RUU Sisdiknas.

Dia mengungkap Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah hanya disebutkan dalam satu pasal di RUU Sisdiknas, yakni Pasal 14 ayat 1 dan 2. Doni menyebut fungsi dari Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dalam RUU Sisdiknas tidak maksimal.
Doni menyebut dalam draf, Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah hanya bisa melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi penyelenggaran pendidikan secara perorangan atau kelompok secara umum. Dia menyebut tidak ada jaminan kelembagaan mandiri untuk menjalankan fungsi sebagai Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

"Maka saya usulkan menambah pasal di Pasal 14  ayat 3 yang mengatakan partisipasi masyarakat secara kelompok dapat dilakuan dalam bentuk lemmbaga mandiri berupa komite atau dewan pendidikan," tutur Doni dalam siaran YouTube Pendidikan Karakter, Rabu, 15 Juni 2022.

Doni menyebut pasal tersebut penting untuk mengunci Peraturan Pemerintah. Hal itu agar pemerintah memikirkan keberadaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

"Keberadaan Dewan Pendidikan atau Komite Sekolah, apa pun namanya yang menjadi mitra dari pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan ini penting, supaya pendidikan berkualitas kita tercapai," sebut dia. 

Doni merujuk pengaturan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dalam UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Menurutnya, aturan ini perlu dipertahankan atau tidak perlu diubah dalam RUU Sisdiknas.

"Padahal dalam penjelasan Pasal 1 ayat 24 dan 25 dalam UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 nomenklatur Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan sudah dijelaskan rinci," kata Doni.

Pada UU Sisdiknas Pasal 1 ayat 24 jelas membicarakan soal Dewan Pendidikan. Aturan menyebut Dewan Pendidikan adalah lembaga mandiri yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang peduli pendidikan.

Sedangkan, ayat 25 menjelaskan Komite Sekolah atau Madrash adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua atau wali peserta didik, komunitas sekolah, maupun tokoh masyarakat yang peduli dengan pendidikan. Doni menyebut pasal tersebut sudah sangat kuat dan definitif.

"Jadi, UU Sisdiknas ini memberikan ruang luas bagi dewan dan komite sekolah sebagai bagian penting di dalam pengembangan ekosistem pendidikan nasional. Bahkan, dewan pendidikan itu saat ini sudah ada di tingkat kabupaten kota dan provinsi," tutur dia. 

Baca: Pemerintah Diminta Tak Mengubah Aturan Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan di RUU Sisdiknas



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id