comscore

3 Kunci Utama Wujudkan Indonesia Emas 2045

Medcom - 28 Maret 2022 17:33 WIB
3 Kunci Utama Wujudkan Indonesia Emas 2045
Ilustrasi anak muda. Medcom.id
Jakarta: Staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo, membeberkan tiga hal yang menjadi kunci utama menyukseskan Indonesia Emas 2045. Ketiganya, ialah pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

"Sekarang ini, berbagai kabupaten/kota di era otonomisasi daerah mulai menerapkan smart city yang di dalamnya berbasis pada teknologi informasi," kata Widodo dalam acara Launching Magister Ilmu Komunikasi dan Webinar Optimalisasi Komunikasi dalam Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045, Senin, 28 Maret 2022.
Dia menuturkan pemerintah telah melakukan uji coba smart city ke sekitar 50 daerah. Nantinya, uji coba akan terus dikembangkan hingga ke seluruh Indonesia.

Pemerintahan digital, kata Widodo, akan melahirkan ekonomi dan masyarakat digital. Hal ini sebabnya lulusan magister Ilmu Komunikasi diharapkan mampu memikirkan cara memanfaatkan teknologi digital menjadi tools bagi manusia, bukan malah sebaliknya.

"Ekonomi digital menjadi hal penting untuk meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM)," tutur Guru Besar Universitas Negeri Sebelas Maret itu.

Widodo berharap lulusan magister Ilmu Komunikasi mampu menghasilkan kajian yang mencakup pemanfaatan teknologi digital. Termasuk, strategi penggunaan konten kreator sebagai komunikasi pemasaran berbasis digital.

Adapun untuk mempersiapkan masyarakat digital, pemerintah telah membuat sejumlah kebijakan. Salah satunya, menggenjot literasi digital.

"Literasi digital ini pentingnya ibarat buta huruf, kalau tidak bisa baca tulis maka kita akan lenyap. Begitu pula dengan literasi digital," ujar Widodo.

Kebijakan pemerintah selanjutnya ialah menyelenggarakan talenta digital atau digital talent scholarship. Program ini bisa dicek langsung oleh masyarakat luas melalui laman resmi Kominfo.

Terakhir, program pimpinan digital alias digital leadership academy. Dengan berkolaborasi bersama perguruan tinggi luar negeri, program ini mewarkan latihan kepemimpinan.

"Gambaran program ini kurang lebih begini, di akhir pelatihan, peserta akan membuat paper atau proyek. Kemudian, bagaimana cara mengembangkan proyek tersebut dari hasil sekolah 2-3 bulan," tutur Widodo. (Nurisma Rahmatika)

Baca: Mahfud MD Dorong Perguruan Tinggi Kolaborasi untuk Indonesia Emas
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id