Kemendikbud: Dana BOS Tidak Boleh Diternakkan

    Ilham Pratama Putra - 15 Februari 2020 15:18 WIB
    Kemendikbud: Dana BOS Tidak Boleh Diternakkan
    Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Humas, Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana, Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menaikkan alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di 2020.  Alokasi dana BOS 2020 naik 6,03 persen atau menjadi Rp54,32 triliun yang sebelumnya Rp51,22 triliun.

    Besaran dana tersebut harus tepat sasaran membantu operasional sekolah hingga membayarkan gaji guru honorer.  Dana BOS sama sekali tidak boleh diternakkan.

    "Jadi yang jelas, Kepala Sekolah dibatasi pasal 12 untuk menggunakan dana BOS. Banyak aturan untuk itu. Tim BOS itu tidak boleh menyimpan BOS di bank, dipinjamkan, atau koperasi atau diternakkan," kata Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Humas, Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana di Hotel IBIS Tamarin, Jakarta, Sabtu, 15 Februari 2020.

    Ade juga membacakan sejumlah larangan penggunaan alokasi dana bos. Mulai dari tidak boleh diberikan kepada PNS, membeli hal-hal di luar ketentuan juknis BOS, seperti membeli ambulans, atau barang tertentu yang bukan kategori operasional sekolah.

    "Menyewa aplikasi untuk pendataan, kegiatan yang tidak prioritas sekolah, biaya iuran kegiatan iuran sakit dan sebagainya," lanjut Ade.

    Urusan seragam yang bukan inventaris sekolah pun juga dilarang.  Sebab, jika itu seragam untuk siswa kurang mampu secara ekonomi sudah ada dari dana  Kartu Indonesia Pintar (KIP).

    Perbaikan sekolah yang rusak sedang hingga berat pun juga tak bisa menggunakan dana BOS. Sebab, sudah ada dana dari APBD dan APBN.

    "Apalagi sampai membeli saham, menjadi distributor buku, dan penyelewengan kepentingan pribadi.  Kalau kerusakan ringan seperti atap bocor, itu boleh," tambah Ade.

    Dengan sistem baru ini, pihaknya juga meminta transparansi pelaporan dari pihak sekolah. Nantinya setiap penggunaan dana BOS dilaporkan secara online dan ditempel di tempat yang mudah dilihat di sekolah, seperti papan pengumuman sekolah.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id